Solusi Untuk Gangguan Pendengaran dan Tinnitus Sekaligus

Solusi Untuk Gangguan Pendengaran dan Tinnitus Sekaligus

Apakah Anda mengalami gangguan pendengaran dan tinnitus? Strategi untuk mengatasi gangguan pendengaran dan tinnitus ini dapat membantu.

Setiap hari, jutaan orang di seluruh dunia merasa terganggu oleh suara-suara yang tidak dapat didengar orang lain. Beberapa orang, mendengar suara dering bernada tinggi. Sedangkan yang lain mendengar sesuatu yang sama sekali berbeda, dari mendesing hingga statis, kicauan, bunyi bip, raungan, atau salah satu dari banyak suara lainnya.

Meskipun kurangnya kesadaran di masyarakat umum, tinnitus (istilah medis untuk telinga berdenging) adalah masalah kesehatan utama yang mempengaruhi hampir 10-15% populasi menurut sebagian besar perkiraan.

Tidak semua orang menderita telinga berdenging. Tetapi dari orang-orang yang mengalaminya, sangat sedikit yang mengalaminya lebih buruk daripada mereka yang mengalami gangguan pendengaran.

Tinnitus dan gangguan pendengaran: Apa hubungannya?

Bahkan dengan pendengaran normal, tinnitus dapat sangat mengganggu kualitas hidup Anda. Tetapi ketika gangguan pendengaran juga merupakan bagian dari persamaan, itu bisa sangat merusak, karena banyak alat tradisional yang melibatkan suara tidak berfungsi dengan baik.
Untungnya, kelegaan yang bertahan lama melalui pembiasaan masih mungkin bagi orang-orang dengan gangguan pendengaran. Dan ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menemukan kelegaan pada saat itu, bahkan ketika menenggelamkan suara tinnitus Anda dengan masking/background noise bukanlah suatu pilihan.

Jadi pembahasan ini ingin menawarkan beberapa strategi penanggulangan yang bermanfaat dan efektif untuk penderita tinnitus yang bekerja dengan baik dengan gangguan pendengaran.

Kunjungi spesialis perawatan pendengaran

Salah satu spesialis kesehatan pendengaran pertama yang akan dilihat oleh sebagian besar pasien tinnitus adalah audiolog. Ini adalah langkah awal yang penting dalam proses perawatan tinnitus karena beberapa alasan penting.

Pertama, jika Anda mengalami gangguan pendengaran sensorineural mendadak (juga dikenal sebagai tuli mendadak) dan tinnitus pada saat bersamaan. Audiolog mungkin dapat memulihkan sebagian atau seluruh pendengaran Anda melalui salah satu dari beberapa kemungkinan intervensi. Hal ini sering dapat menyebabkan perbaikan langsung dari tinnitus.

Audiolog juga dapat melakukan tes yang disebut audiogram untuk mengetahui tingkat dan sifat gangguan pendengaran Anda. Bahkan ketika Anda mengira pendengaran Anda tidak terpengaruh, selalu merupakan ide yang baik untuk diuji, karena gangguan pendengaran adalah penyebab umum dari tinnitus.

Alat bantu dengar dapat membantu dalam dua cara

Saat gangguan pendengaran teridentifikasi, audiolog dapat menyesuaikan Anda dengan alat bantu dengar. Alat bantu dengar untuk tinnitus bisa sangat membantu.

Ini tidak hanya akan membantu memulihkan rentang frekuensi yang hilang. Tetapi alat bantu dengar telah berulang kali terbukti membantu penderita tinnitus untuk mengatasi dengan lebih baik.

Pertama, memulihkan pendengaran pasien dengan alat bantu dengar dapat secara langsung memperbaiki tinnitus mereka. Tetapi meskipun tidak menurunkan volume tinnitus, alat bantu dengar masih dapat membantu penderita untuk mengatasinya dengan memperkuat suara lain yang ingin didengar pasien. Dengan menaikkan volume di sekitar Anda, Anda tidak lagi dipaksa untuk hanya mendengar tinnitus Anda. Dan itu membuka kembali pintu untuk menggunakan suara sebagai alat koping.

Kedua, banyak alat bantu dengar modern dilengkapi dengan fitur penyamaran tinnitus yang dapat memainkan nada yang diperkuat, white noise, musik, atau suara alam langsung ke telinga untuk membantu meredam tinnitus seseorang. Seorang audiolog dapat menjalankan serangkaian tes untuk mengetahui nada dan intensitas tinnitus Anda, dan memprogram alat bantu dengar Anda sesuai dengan itu.

Ini menawarkan pasien gangguan pendengaran kemampuan untuk menggunakan masking lagi, yang dapat menurunkan volume tinnitus yang dirasakan. Dan ketika tampaknya lebih tenang, itu tidak terlalu mengganggu dan otak perlahan-lahan dapat belajar untuk mengabaikannya.

Teknik relaksasi fisik

Saat Anda mencoba mengatasi tinnitus dan gangguan pendengaran pada saat yang bersamaan, teknik relaksasi adalah bagian besar dari teka-teki.

Selama lonjakan yang buruk atau momen tinnitus sulit lainnya, Anda mungkin tidak dapat mengubah volume, tetapi Anda selalu dapat membuat diri Anda lebih rileks dan nyaman.

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah merilekskan diri secara fisik. Stres sering masuk ke tubuh kita sebagai rasa sakit, sesak, dan nyeri karena alasan sederhana bahwa adrenalin dan hormon stres lainnya menyebabkan ketegangan otot.

Anda dapat mengurangi kecemasan dan menenangkan diri secara mental dengan menenangkan diri secara fisik. Koneksi pikiran-tubuh sangat nyata, hanya terlihat jelas dalam situasi tertentu.

Misalnya, jika Anda pernah melakukan pijatan profesional, Anda pernah mengalaminya dalam tindakan. Jika hubungan pikiran-tubuh tidak nyata, Anda tidak akan merasa rileks secara mental setelah pijatan yang hebat. Namun kebanyakan orang merasa luar biasa, baik secara mental maupun fisik, setelah dipijat.

Semakin banyak yang dapat Anda lakukan untuk merilekskan diri secara fisik, semakin tenang perasaan Anda dan semakin baik kemampuan Anda untuk mengatasi tinnitus. Berikut adalah beberapa ide untuk Anda mulai:

1. Mandi air panas (atau berendam di bak mandi air panas)

Air panas meredakan ketegangan otot, sesederhana itu . Sauna dan ruang uap juga berfungsi dengan baik. Poin bonus jika Anda menambahkan gangguan sekunder, seperti menyalakan lilin dengan aroma yang menenangkan, membaca buku yang bagus, atau keduanya.

2. Beri diri Anda pijatan

Pijat profesional adalah cara yang fantastis untuk mengurangi stres dan mengatasi tinnitus, tetapi itu mahal dan bukan sesuatu yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Sebagai gantinya, Anda dapat berlatih memijat titik pemicu pada diri Anda sendiri (juga dikenal sebagai pelepasan myofascial) dengan bola lacrosse atau roller busa.

3. Relaksasi otot progresif

Latihan sederhana ini dapat melepaskan ketegangan dari setiap otot di tubuh Anda. Ada beberapa variasi yang dapat Anda lakukan. Tetapi cara termudah untuk mempraktikkannya adalah dengan terlebih dahulu berbaring dengan nyaman dan menarik napas dalam-dalam.

Dengan setiap hembusan napas, biarkan seluruh tubuh Anda lemas, lepaskan ketegangan sebanyak yang Anda bisa. Selanjutnya, Anda akan melatih kelompok otot tubuh Anda satu per satu selama 4-10 detik (gunakan ketegangan ringan hingga sedang di sini – Anda tidak ingin otot Anda kram), diikuti segera dengan mengendurkan kelompok otot sebanyak mungkin. Mungkin selama 10-20 detik. Mulailah dengan kaki dan jari kaki Anda, lalu lanjutkan melalui kaki, pantat, perut dan punggung bawah, dada dan punggung atas, bahu dan lengan, tangan dan jari, leher dan tenggorokan, dan akhirnya wajah dan kepala Anda.

4. Latihan pernapasan 4-7-8

Teknik pernapasan adalah cara yang efektif untuk mengurangi kecemasan dan stres dengan cepat dalam berbagai situasi sulit. Ada banyak pilihan, tetapi untuk mengatasi tinnitus, beberapa atribut sangat penting: perlu sesuatu yang dapat Anda praktikkan dengan cepat, di mana saja, kapan saja, dan harus segera bekerja.

Teknik pernapasan 4-7-8 dapat dipraktikkan di mana saja, hanya membutuhkan waktu 60-90 detik. Dan sangat efektif memicu respon relaksasi yang kuat, terutama setelah Anda berlatih beberapa kali.

Berikut tekniknya menurut DrWeil.com :
“Tempatkan ujung lidah Anda pada punggungan jaringan tepat di belakang gigi depan atas Anda, dan pertahankan di sana selama seluruh latihan. Anda akan menghembuskan napas melalui mulut di sekitar lidah Anda; cobalah mengerucutkan bibir Anda sedikit jika ini terasa canggung.

  1. Buang napas sepenuhnya melalui mulut Anda, buat suara mendesing.
  2. Tutup mulut Anda dan tarik napas dengan tenang melalui hidung hingga hitungan mental empat.
  3. Tahan napas selama tujuh hitungan.
  4. Buang napas sepenuhnya melalui mulut Anda, buat suara mendesing hingga hitungan delapan. Ini adalah satu nafas.
  5. Sekarang tarik napas lagi dan ulangi siklus itu tiga kali lagi dengan total empat napas.”
Temukan dan hapus pemicu

Salah satu tantangan terbesar bagi sebagian besar pasien tinnitus adalah menghadapi lonjakan yang sulit. Tinnitus jarang tetap konstan. Ketika volume atau intensitasnya melonjak, atau perubahan kualitas, nada atau nada, tiba-tiba menjadi jauh lebih sulit untuk diatasi, terutama bagi orang dengan gangguan pendengaran.

Itu tidak membantu bahwa ada sejumlah besar kemungkinan pemicu – gaya hidup tertentu, diet, dan faktor lingkungan yang dapat memperburuk tinnitus – yang sangat bervariasi dari orang ke orang.

Juga sangat sulit untuk mengidentifikasi hal-hal yang memicu tinnitus Anda karena tidak selalu terjadi dengan segera. Dan ada terlalu banyak variabel yang harus dipertimbangkan ketika mencoba memahami semuanya. Misalnya, jika sesuatu yang Anda makan untuk sarapan meningkatkan tinnitus Anda enam jam kemudian di sore hari, Anda tidak akan langsung mengambil kesimpulan itu. Terlalu banyak hal lain yang terjadi untuk sementara.

Tetapi Anda dapat mulai menemukan koneksi ini dengan membuat jurnal dan melacak pola makan, gaya hidup, dan lingkungan Anda secara teratur. Beberapa orang, misalnya, menganggap kafein sebagai pemicu tinnitus , sementara yang lain perlu membatasi asupan garam.

Dengan cara ini Anda dapat membandingkan hari dan momen sulit untuk mencari pola. Dan ketika Anda mengidentifikasi pemicu unik Anda sendiri, Anda dapat berusaha untuk menghindari hal-hal spesifik yang meningkatkan tinnitus Anda.

Perlu diingat, ini adalah strategi pencegahan, berbeda dengan teknik lain yang tercantum di atas yang dirancang untuk membantu Anda mengatasi setelah momen sulit terjadi. Namun hal ini tetap penting karena semakin banyak pemicu yang dapat Anda identifikasi dan hilangkan, semakin sedikit lonjakan yang mungkin Anda alami, dan semakin mudah untuk dikelola.

Apa teknik meredakan stres Anda?

Kehilangan pendengaran membuat masalah kesehatan yang sudah menantang seperti tinnitus jauh lebih sulit untuk bertahan. Tapi itu bukan hukuman seumur hidup seperti pada awalnya. Bahkan dalam kasus-kasus penderitaan yang paling parah, masih ada begitu banyak harapan dan kemungkinan nyata untuk memperoleh kelegaan.

Saran-saran ini tidak dimaksudkan untuk menjadi eksplorasi lengkap alat mengatasi untuk pasien gangguan pendengaran dengan tinnitus. Tapi mudah-mudahan itu cukup untuk memulai, dan banyak dari teknik ini telah bermanfaat.

Saat Anda menderita tinnitus, terutama dengan gangguan pendengaran, Anda perlu menggunakan setiap alat, teknik, dan strategi yang bermanfaat yang Anda bisa untuk menemukan kelegaan yang layak Anda dapatkan.

 

Source:
How to cope when you have both hearing loss and tinnitus (healthyhearing.com)