Tips Untuk Mengatasi Tinnitus Sehari-hari

Tinnitus adalah suatu penyakit yang ketidak normalan kebisingan yang terjadi di telinga secara konstan, meskipun ketika tidak ada suara-suara luar yang terdengar. Kebanyakan penderita tinnitus menggambarkan suara yang didengarnya sebagai suara yang ‘berdering’. Akan tetapi, hal ini mungkin pula dapat bervariasi dari orang yang satu ke orang yang lainnya. Kondisi ini pun relatif umum terjadi. Bahkan, hingga kini telah diketahui bahwa kondisi ini mempengaruhi sekitar 18% orang Australia di beberapa titik dalam hidup mereka.¬†Oleh karena itu, di bawah ini adalah sepuluh langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk mengatasi tinnitus sehari-hari. Namun, ingat bahwa tips-tips ini bukanlah pengganti nasihat yang dikemukanan para profesional. Anda pun harus terus menggunakannya dengan mempertimbangkan keselarasan hubungannya dengan perawatan profesional.
Untuk orang dengan tinnitus, dering yang konstan muncul di telinganya dapat menjadi sumber frustrasi, rasa sakit dan bahkan dapat berujung pada depresi. Kadang, pola tidur orang tersebut juga dapat terganggu serta orang tersebut akan menjadi lebih sulit untuk mengikuti percakapan. Selain itu, orang dengan tinnitus tampak mustahil untuk menemukan kedamaian dan ketenangan. Jika Anda berpikir bahwa Anda mungkin memiliki tinnitus, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah menemui spesialis pendengaran, yang akan memberitahu Anda pilihan pengobatan terbaik yang dapat Anda lakukan. Sayangnya, hingga saat ini belum ada obat untuk tinnitus, tetapi jangan khawatir karena dapat dikelola.

1. Berbicara dengan keluarga dan teman-teman terdekat Anda

Memiliki dukungan dari orang lain akan dapat membuat perbedaan yang sangat berarti di dunia Anda, terlebih ketika Anda sedang berjuang menangani tinnitus ini. Mendekatlah pada orang yang membuat Anda merasa nyaman ketika Anda mengemukakan pengakuan dan menjelaskan kepada mereka mengenai apa yang akan Anda lalui.

2. Hindari stres

Para peneliti telah menemukan hubungan yang kuat antara stres dan tinnitus. Stres yang mungkin berkaitan dengan adanya penyakit, munculnya kesedihan, kondisi ujian ataupun perceraian dapat memicu tinnitus, atau bahkan dapat membuatnya menjadi lebih buruk. Sebisa mungkin, hindari situasi yang dapat menyebabkan ketegangan dan kecemasan.

3. Pelajari teknik relaksasi

Cobalah untuk bermeditasi, bernapas dalam-dalam dan hadir tepat waktu agar Anda tidak harus bergegas dan terburu-buru kemana-mana. Apakah Anda sudah pernah berlatih yoga? Jika belum, sekarang mungkin adalah waktu yang tepat untuk memulainya!

4. Hindari kafein

Stimulan seperti kopi, teh, cola, tembakau dan alkohol dapat memperburuk kondisi tinnitus bagi sebagian orang.

5. Lindungi telinga Anda

Mencegah kerusakan lebih lanjut untuk pendengaran Anda dapat dilakukan dengan cara menghindari musik dan suara yang keras serta situasi yang bising. Jangan menggunakan headphone untuk mendengarkan musik. Selain itu, jika Anda bekerja di tempat kerja yang cukup bising, maka sangat disarankan untuk menggunakan penyumbat telinga.

6. Jangan menyerah pada pengobatan yang telah diresepkan oleh dokter, jika ia tidak langsung bekerja

Ingat, beberapa pengobatan mungkin akan memakan waktu yang cukup lama untuk memiliki efek positif, jadi bersabarlah!

7. Cobalah untuk mengganggu diri sendiri

Mendengarkan suara dengan latar belakang rendah atau kebisingan yang masih dalam ambang batas dapat membantu menetralkan dering tinnitus.

8. Tingkatkan kesehatan Anda

Dalam kondisi ini, Anda direkomendasikan untuk melakukan pendekatan ‘holistik’ untuk kesehatan Anda. Hal ini dapat dilakukan melalui diet yang lebih baik dan olahraga yang teratur.

9. Pindah ke ruangan lain

Jika tinnitus Anda terkadang membuat Anda terjaga di malam hari dan berakhir pada munculnya frustrasi, cobalah bangun dan melakukan sesuatu yang santai. Anda dapat berpindah ke ruangan lain terlebih dahulu dan melakukan hal bermanfaat seperti mandi air hangat atau sekedar duduk dan meminum secangkir teh herbal.

10. Menjaga pandangan positif

Menjaga sikap Anda itu cukup penting! Hindari pikiran negatif dan biasakan membayangkan hasil yang positif dalam hidup Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.