Tidur Nyenyak Meski Menderita Tinnitus

Tinnitus bisa mengganggu pola tidur seseorang. Bagaimana tidak jika di kamar yang hening kita masih saja mendengar suara denging dan bising di telinga? Pada awalnya mungkin tidak masalah namun jika setiap malam terus-terusan mengalami tinnitus, lama kelamaan kita akan semakin jengkel, susah tidur hingga pada akhirnya kita mengalami gangguan tidur. Namun ada cara bagi Anda yang mengalami telinga berdenging agar tetap bisa tidur nyenyak meski menderita tinnitus setiap malam. Cara-cara agar bisa tidur nyenyak ini merupakan kompilasi cara yang diberikan oleh RNID. RNID singkatan dari Royal National Institute for the Deaf atau Institusi bagi Para Penyandang Tuli di negara Inggris. Berikut caranya:

Cobalah latihan relaksasi sebelum tidur

Stres bisa meningkatkan gejala tinnitus. Dengan berlatih relaksasi diharapkan stress yang menimpa Anda serta gejala tinnitus Anda bisa berkurang dan Anda pun bisa tidur dengan nyenyak.

Cobalah berolahraga secara teratur

Orang yang memiliki badan yang fit cenderung tidur lebih baik, Namun hindari olahraga menjelang waktu tidur. Kelelahan malah akan membuat anda tidak bisa tidur dengan baik.

Pergilah tidur saat Anda benar-benar sudah mengantuk bukan karena memang sudah waktunya tidur

Jika Anda tidak juga bisa tidur setelah 20 sampai 30 menit, bangunlah dari tempat tidur dan pergilah ke ruangan lain. Lakukan kegiatan yang bersifat tenang dan relaks misalnya membaca. Kembalilah ke tempat tidur saat Anda sudah mulai merasa mengantuk kembali.

Bangunlah di waktu yang sama setiap harinya

Ini adalah salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki pola tidur anda. Cobalah mengurangi konsumsi kafein dan nikotin setiap malamnya karena dua hal ini merupakan stimulant yang malah akan membuat Anda terjaga.

Atur suhu kamar Anda agar tidak terlalu dingin maupun panas

Jangan membaca maupun menonton televisi di atas kasur menjelang tidur, hal ini malah akan membuat anda semakin terjaga.

Hentikan segala aktivitas setidaknya satu jam menjelang waktu tidur

Pasang jam atau radio yang bisa mengeluarkan suara-suara yang menenangkan seperti suara ombak atau kicauan burung agar Anda bisa lebih relaks dan bisa tidur dengan nyenyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.