Telinga Berdenging Mendadak di Ruangan Sunyi

Sebelum kita dapat memahami bagaimana dan mengapa kita mengalami telinga berdenging mendadak, kita perlu tahu bagaimana kita bisa mendengar.

Telinga Berdenging Mendadak di Ruangan SunyiGelombang suara berjalan melalui saluran telinga ke telinga bagian tengah dan dalam. Dimana sel-sel rambut di koklea mendeteksi getaran dan mengubahnya menjadi sinyal listrik. Kemudian dibawa oleh saraf pendengaran menuju otak.

Layaknya sel rambut dalam, rambut luar juga mendeteksi gelombang suara. Namun alih-alih mengirim sekelompok sinyal ke otak, tugas mereka adalah untuk melonggar dan mengerut bersamaan dengan getaran yang mereka dapat. Alhasil, sel rambut luar mampu membatalkan gaya gesek dan justru memperkuat suara hingga kelipatan seratus hingga seribu. Berkat sel-sel rambut luar, sensitivitas pendengaran kita meningkat, khususnya dalam rentang frekuensi yang lebih tinggi.

Sel rambut luar bisa menghasilkan getaran sendiri. Saat sel-sel ini kembali menguatkan getarannya, proses ini dimaksudkan untuk memperkuat frekuensi suara yang lebih hening daripada yang keras. Kontrol umpan balik ini memungkinkan kita untuk menyaring suara yang masuk untuk mendapatkan informasi yang paling penting, sehingga kita tidak kewalahan oleh kebisingan tak berarti. Mekanisme ini biasanya bekerja dengan baik, tanpa Anda menyadari adanya perbedaan dalam pendengaran Anda.

Mengapa Telinga Berdenging Mendadak

Telinga Berdenging Mendadak di Ruangan SunyiSistem biologis tubuh manusia tidak selalu sempurna. Hal sesederhana seperti mengalami suara baru bahkan dapat mengganggu kemulusan perjalanan suara dan memaksanya mengulangi pekerjaannya untuk menyesuaikan diri. Ketika hal ini terjadi, suara-suara ini menjadi jelas. Anda benar-benar dapat mendengarnya. Inilah yang kita anggap sebagai kondisi telinga berdenging atau tinnitus. Kebisingan juga dapat terjadi ketika sel-sel rambut mengalami kerusakan. Salah satunya akibat cedera paparan suara keras atau efek samping obat-obatan, sehingga sirkuit dalam otak tidak mampu menerima sinyal yang mereka harapkan. Sinyal suara akhirnya berputar-putar dalam telinga sehingga menghasilkan dengingan konstan. Itulah sebabnya keluhan telinga berdenging tidak hilang bahkan setelah saraf pendengaran seseorang diangkat. Tinnitus juga dapat terjadi pada orang-orang yang memiliki penyakit Ménière (penyebab hilangnya pendengaran dan pemicu vertigo) dan otosclerosis (pertumbuhan tulang abnormal di telinga tengah).

Dengingan dalam telinga tak selalu berasal dari telinga. Tubuh kita biasanya menghasilkan suara (disebut suara somatik) yang kita biasanya tidak perhatikan karena kita fokus mendengarkan suara dari luar. Apa pun yang menghalangi pendengaran normal dapat membawa suara somatik menjadi perhatian kita. Misalnya, Anda mungkin mengalami kebisingan dalam kepala ketika tumpukan kotoran telinga menghambat telinga luar.

One Comment on “Telinga Berdenging Mendadak di Ruangan Sunyi”

Leave a Reply