Jenis Tinnitus yang Harus Anda Ketahui

Pada umumnya, terdapat dua jenis tinnitus yang paling umum dialami. Tinnitus atau telinga berdenging dapat berwujud dalam berbagai macam persepsi suara. Diantaranya seperti dengungan, desisan, raungan, dan suara berdetak. Tinnitus dapat bersifat akut (terjadi sementara), namun bisa juga bersifat kronis (terjadi terus-menerus).
Tinnitus merupakan suatu kondisi audiologis dan neurologis yang dialami oleh sekitar 50 juta orang di Amerika. Inilah yang menyebabkan mengapa kondisi tinitus disebut sebagai kondisi yang paling umum dialami oleh warga Amerika. Pasalnya, hampir setiap warganya mengalami hal yang serupa, bahkan hampir bisa dipastikan semua warga Amerika pasti pernah mengalaminya.

Jenis Tinnitus yang Harus Anda Ketahui

Jenis Tinnitus yang Umum Dialami

Pada umumnya, ada dua jenis tinnitus yang sering dialami, yaitu:

Tinnitus subjektif

Tinnitus subjektif terjadi saat suara yang ada di kepala atau di telinga hanya dapat didengar oleh si penderita. Selain penderitanya, tinnitus subjektif ini tidak dapat didengar oleh orang lain. Tinnitus subjektif dapat disebabkan oleh adanya reaksi dari masalah pendengaran. Namun juga dapat disebabkan oleh serangkaian penyebab lainnya. Lebih dari 99% penderita tinnitus menyatakan bahwa kasus tinnitus yang mereka alami berasal dari varietas subjektif.

Tinnitus objektif

Pada tinnitus objektif, suara yang ada di kepala atau telinga dapat didengar oleh orang lain dan oleh penderitanya sendiri. Suara ini biasanya dihasilkan oleh fungsi internal dalam sirkulasi tubuh (aliran darah) dan sistem somatik (muskulo – gerakan kerangka tubuh). Tinnitus objektif ini sangat jarang terjadi, dalam total kasus tinnitus yang ada, hanya terdapat sekitar 1% saja.
Meskipun demikian, sampai saat ini belum ada obat yang telah teruji secara ilmiah dapat digunakan untuk sebagian besar kasus tinnitus. Namun, ada pilihan pengobatan yang dapat meringankan beban tinnitus yang dirasakan oleh penderitanya. Pengobatan ini memungkinkan penderitanya untuk tetap hidup nyaman dan tetap produktif dalam menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari.
Demikianlah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tinnitus. Dengan mengetahui apa yang dimaksud dengan tinnitus, jenis-jenisnya, serta hal-hal yang berkaitan dengan itu, maka ini akan mempermudah Anda mengetahui gejala-gejala dan cara pengobatannya. Tinnitus memang bukan penyakit yang berbahaya. Namun alangkah lebih baik jika Anda mencegah sebelum terjadi. Segera atasi keluhan tinnitus yang mungkin muncul sebelum membuatnya lebih parah.

One Comment on “Jenis Tinnitus yang Harus Anda Ketahui”

  1. Pingback: FiverrEarn

Leave a Reply