Dampak Telinga Berdenging

Telinga berdenging dapat mengakibatkan masalah personal, sosial, serta masalah finansial baik untuk setiap individu maupun kehidupan sosialnya. Telinga berdenging atau tinnitus adalah sebuah kondisi yang dapat menyebabkan berbagai dampak. Dampak dan beban dari tinnitus itu sendiri akan sangat dirasakan oleh si penderita secara relatif sebagai pengalaman atau riwayat tinnitusnya.
Secara keseluruhan, tinnitus memiliki dampak negatif yang sangat luas, baik dampak untuk si penderitanya sendiri, maupun dampak secara ekonomi. Dampak-dampak tersebut dirasakan oleh penderita sesuai dengan tingkat keparahan tinnitus yang dimiliki dan juga berkaitan dengan lingkungan sosialnya.
Dampak Telinga Berdenging Pada Individu
Telinga berdenging atau tinnitus dapat dikategorikan sebagai kondisi yang lemah dan menyebabkan berbagai dampak negatif bagi kesehatan si penderita dan juga bagi lingkungan sekitarnya. Bahkan pada kebanyakan kasus, tinnitus dapat mengganggu kemampuan kerja dan bersosialisasi. Orang-orang yang menderita tinnitus sering mengalami dampak berikut ini;

  • Stres
  • Depresi
  • Gelisah
  • Perubahan suasana hati atau mood yang ekstrim
  • Gangguan tidur
  • Mudah marah atau frustasi
  • Konsentrasi lemah
  • Terluka (terjadi ketika tinnitus dibarengi dengan hyperacusis)

Pada tahun 2014, American Tinnitus Association (ATA) mengadakan sebuah survey untuk mengevaluasi bagaimana pengalaman yang pernah dirasakan oleh para penderita tinnitus. Lebih dari 1100 orang responden menyatakan perspektif pengalaman mereka dalam menjalani kehidupan bersama dengan tinnitus yang dialami dalam hidupnya. Berikut ini adalah hasil dari beberapa pertanyaan yang dari survey yang telah dilakukan :
Bagaimana dampak tinnitus bagi kehidupan sehari-hari Anda?
Seperti apa gambaran dampak dari tinnitus yang Anda rasakan dalam kehidupan Anda dari hari ke hari?

Dampak tinnitus saat ini semakin luas baik untuk penderitanya, keluarga, teman-teman, maupun partner kerja. Suara deringan yang terlalu keras dan sensitivitas terhadap suara dapat membuat keadaan ini menjadi lebih sulit, terutama untuk para penderita tinnitus. Mereka akan kesulitan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi secara normal dengan orang lain, bahkan dengan pasangan (suami/ istri), anak-anak, atau dengan sahabat dekat.
Maka dari itu diperlukan orang-orang terdekat untuk memberikan support atau dukungan kepada para penderita tinnitus, sehingga mereka mampu mengontrol dampak dari tinnitus seperti mudah marah, frustasi, atau kebingungan. Diharapkan orang terdekat untuk dapat memahami dan membantu para penderita tinnitus.
Dampak Ekonomi Dari Telinga Berdenging
Konsekuensi dampak ekonomi dari telinga berdenging atau tinnitus ini sangatlah signifikan. Tingkat ekonomi personal akan melemah seiring dengan meningkatnya gejala tinnitus. Hal ini dikarenakan para penderita tinnitus akan kehilangan kesempatan untuk bekerja mencari uang seperti orang normal, produktivitasnya pun rendah, dan biaya kesehatan yang dibutuhkan akan semakin meningkat dari waktu ke waktu selama ia menderita tinnitus.

One Comment on “Dampak Telinga Berdenging”

  1. Pingback: OnOverseas.Com

Leave a Reply