Diagnosis dan Perawatan Tinnitus

Diagnosis dan Perawatan Tinnitus

Apa yang Menyebabkan Tinnitus Saya?

Untuk menentukan kondisi medis yang mendasari apa yang mungkin menyebabkan tinitus Anda, dokter Anda akan melakukan pemeriksaan fisik umum , termasuk pemeriksaan telinga Anda secara cermat. Pastikan untuk memberi tahu dokter Anda tentang semua obat yang Anda minum, karena tinitus dapat menjadi efek samping dari beberapa obat.
Jika sumber masalahnya masih belum jelas, Anda mungkin akan dikirim ke otologis atau otolaryngologist (keduanya spesialis telinga) atau audiolog (spesialis pendengaran) untuk tes pendengaran dan saraf. Sebagai bagian dari pemeriksaan Anda, Anda mungkin diberikan tes pendengaran yang disebut audiogram. Teknik pencitraan, seperti MRI atau CT scan, juga dapat direkomendasikan untuk mengungkap masalah struktural. Pelajari lebih lanjut tentang tinitus dan gangguan pendengaran .
Apa Perawatan untuk Tinnitus?
Jika tinitus Anda merupakan gejala dari kondisi medis yang mendasarinya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menangani kondisi tersebut. Namun jika tinnitus tetap ada setelah perawatan, atau jika timbul akibat paparan suara keras, profesional kesehatan merekomendasikan berbagai opsi non-medis yang dapat membantu mengurangi atau menutupi kebisingan yang tidak diinginkan (Lihat Perangkat Penopang di bawah). Terkadang, tinitus hilang dengan sendirinya, tanpa intervensi sama sekali. Namun perlu dipahami bahwa tidak semua tinitus dapat dihilangkan atau dikurangi, apapun penyebabnya.
Jika Anda mengalami kesulitan mengatasi tinnitus Anda, konseling dan kelompok pendukung mungkin berguna bagi Anda. Mintalah rujukan dari dokter Anda.
Jika penyebab tinitus Anda adalah kotoran telinga yang berlebihan , dokter akan membersihkan telinga Anda dengan cara menyedotnya menggunakan alat melengkung kecil yang disebut kuret, atau menyiramnya dengan air hangat secara perlahan. Jika Anda mengalami infeksi telinga, Anda mungkin akan diberikan resep obat tetes telinga yang mengandung hidrokortison untuk membantu meredakan gatal dan antibiotik untuk melawan infeksi.
Pembedahan mungkin diperlukan dalam kasus tumor , kista, atau otosklerosis yang jarang terjadi ( deposit kalsium pada tulang telinga).
Jika tinnitus Anda adalah hasil dari gangguan temporomandibular – terkadang disebut TMD – dokter Anda mungkin akan merujuk Anda ke ortodontis atau spesialis gigi lainnya untuk perawatan yang sesuai.
Obat untuk Tinnitus
Banyak obat telah dipelajari untuk mengobati tinnitus. Untuk beberapa, pengobatan dengan obat anti-kecemasan dosis rendah – seperti Valium atau antidepresan seperti Elavil – membantu mengurangi tinnitus. Penggunaan steroid ditempatkan ke dalam telinga tengah bersama dengan obat anti- kecemasan yang disebut alprazolam telah terbukti efektif untuk beberapa orang. Beberapa penelitian kecil menunjukkan bahwa hormon yang disebut misoprostol dapat membantu dalam beberapa kasus.
Lidocaine , obat yang digunakan untuk pengobatan beberapa jenis irama jantung abnormal , telah terbukti meredakan tinitus bagi sebagian orang, tetapi harus diberikan secara intravena atau ke telinga tengah agar efektif. Namun, manfaat lidokain hampir selalu melebihi risiko obat dan oleh karena itu tidak dianjurkan dan tidak digunakan untuk tinitus.
Alat bantu Dengar
Jika tinitus Anda disertai dengan gangguan pendengaran , alat bantu dengar dapat membantu. Mereka memperkuat suara yang perlu Anda dengar. Itu membuat deringnya kurang menonjol.
Perangkat Penyamaran
Banyak orang juga mendapat manfaat dari masker tinitus, alat yang menyerupai alat bantu dengar yang memainkan suara lebih menyenangkan daripada kebisingan internal yang dihasilkan oleh tinitus. Anda dapat menggunakan perangkat samping tempat tidur di malam hari untuk membantu Anda tidur. Anda juga bisa memakai masker di dalam atau di belakang telinga setiap saat. Alat yang lebih baru adalah alat tinnitus, yang merupakan kombinasi dari alat bantu dengar dan masker.
Terapi Pelatihan Tinnitus (TRT)
TRT bergantung pada kemampuan alami otak untuk “membiasakan” suatu sinyal, menyaringnya pada tingkat bawah sadar sehingga tidak mencapai persepsi sadar. Habituasi tidak membutuhkan usaha sadar. Orang-orang sering kali terbiasa dengan banyak suara pendengaran — AC, kipas komputer, lemari es, dan hujan rintik-rintik, di antaranya. Kesamaan yang mereka miliki adalah bahwa mereka tidak penting, sehingga mereka tidak dianggap sebagai “keras”. Dengan demikian, otak dapat menyaring mereka.
TRT memiliki dua bagian:
1. Orang dengan tinnitus akan memutar beberapa sumber suara netral ke mana pun mereka pergi, termasuk memakai generator suara di telinga.
2. konseling satu-satu .
3. Bentuk pengobatan tinitus ini memakan waktu 12 sampai 24 bulan dan sangat berhasil di tangan yang berpengalaman.
4. Terapi Kognitif
5. Ini adalah bentuk konseling yang membantu seseorang mengubah reaksinya terhadap tinitus. Ini bekerja paling baik bila dikombinasikan dengan bentuk terapi lain, seperti masking atau pengobatan.
6. Terapi Suara
7. Kadang-kadang disebut terapi akustik, ini dapat membuat dering atau dengungan di telinga Anda tidak terlalu terlihat. Itu tidak akan menyembuhkan kondisinya. Tapi itu bisa membuatnya lebih mudah untuk hidup bersama.
8. Perangkat khusus yang mengeluarkan kebisingan latar belakang yang tenang dapat diletakkan di atas meja atau nakas atau dibawa bersama Anda. Jika tinitus mengganggu Anda di malam hari, Anda dapat meletakkan pemutar media, komputer, atau kipas angin listrik di meja samping tempat tidur. Jika gejala Anda konstan, Anda mungkin menggunakan aplikasi smartphone atau memakai generator suara.
9. Beberapa perangkat dapat disesuaikan untuk kasus Anda. Mereka memainkan suara pada frekuensi dan nada yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Biasanya, Anda akan menggunakannya untuk jangka waktu tertentu setiap hari, seperti sebelum tidur.
10. Jenis perangkat yang Anda gunakan akan tergantung pada gejala Anda. Misalnya, jika Anda peka terhadap suara seperti keran yang mengalir atau mesin pencuci piring yang tidak dimiliki orang lain (suatu kondisi yang dikenal sebagai hyperacusis), perangkat tertentu mungkin tidak bekerja dengan baik untuk Anda. Dokter Anda akan membantu Anda menemukan satu yang tepat untuk situasi Anda.
11. Terapi bimodal
12. Sesuai dengan namanya, terapi bimodal mengobati tinnitus dengan melatih otak untuk berpikir secara berbeda tentang suara menggunakan dua bentuk stimulasi sensorik – suara dan sentuhan. Dengan menggunakan perangkat eksternal non-invasif beberapa menit sehari, Anda dapat mengubah cara otak Anda merasakan suara. Satu opsi mengirimkan suara ke telinga dan stimulasi listrik ke lidah, sementara opsi lainnya melibatkan gelang dan aplikasi telepon. Anda mendengarkan suara di aplikasi dan gelang bergetar untuk mengonfirmasi keberadaan suara eksternal.
13. Teknik Relaksasi
14. Stres dapat memperburuk tinitus. Temukan cara yang membantu Anda mengelola kecemasan seperti pernapasan dalam, olahraga, dan biofeedback, teknik relaksasi yang membantu orang mengelola stres dengan mengubah reaksi mereka terhadapnya. Beberapa orang merasa sangat membantu dalam mengurangi tinnitus.
15. Perawatan gigi
16. Beberapa ahli percaya bahwa tinitus dapat disebabkan oleh masalah pada sendi temporomandibular (TMJ), area di mana tulang rahang menempel pada kepala, tepat di depan telinga. Mereka berpendapat bahwa perawatan gigi dapat meredakan gejala tinitus, karena otot dan saraf di rahang terhubung erat dengan yang ada di telinga.
17. Implan Koklea
18. Perangkat ini, ditanamkan di telinga, sebagian besar digunakan untuk mengobati ketulian yang parah. Mereka tampaknya juga membantu beberapa orang dengan gangguan pendengaran terkait tinitus yang signifikan. Alat tersebut bekerja dengan mengirimkan sinyal listrik dari telinga ke otak . Namun, operasi ini tidak dilakukan untuk tinitus saja dan hanya digunakan untuk masalah pendengaran.
19. Perawatan Alternatif
20. Meskipun tidak ada suplemen vitamin atau terapi alternatif lain yang terbukti bermanfaat untuk mengobati tinitus, beberapa orang mencoba sediaan herbal seperti ginkgo biloba atau mineral seperti seng atau magnesium dengan hasil yang bervariasi. Yang lain mengalami kelegaan dengan akupunktur , magnet, atau hipnosis.
21. Bicaralah dengan dokter Anda sebelum mencoba perawatan ini.
22. Apa yang Akan Bekerja untuk Saya?
23. Bicaralah dengan dokter Anda sebelum mencoba perawatan ini. Tinnitus unik untuk setiap orang, jadi mendapatkan perawatan yang tepat mungkin berarti mencoba opsi dan kombinasi yang berbeda untuk menemukan yang tepat untuk Anda.
24. Jika Anda menggabungkan terapi untuk tinitus, Anda akan pergi ke lebih dari satu penyedia layanan kesehatan. Anda harus menemui spesialis kesehatan perilaku atau mental bersama dengan ahli pendengaran.
25. Perawatan kombinasi yang berhasil juga membutuhkan komitmen. Banyak bentuk terapi – termasuk terapi perilaku dan terapi pelatihan ulang tinitus – mungkin memerlukan beberapa sesi selama beberapa bulan, tergantung pada keadaan khusus Anda dan jenis perawatannya.
26. Bagaimana Saya Dapat Mencegah Tinnitus?
27. Risiko Anda terkena tinnitus meningkat dengan paparan suara keras, jadi perlindungan pendengaran merupakan intervensi penting. Jika Anda berada di sekitar kebisingan yang sangat keras sehingga Anda tidak dapat berbicara pada tingkat percakapan normal, Anda harus memakai penyumbat telinga, menjauh dari sumber kebisingan, atau mematikannya.

Kenalitinnitus.id
Pengobatan dan Diagnosis Tinnitus (Telinga Berdenging) (webmd.com)
20 Oktober 2022