Telinga Berdenging Sebelah Kanan, Inilah Penyebabnya

Telinga berdenging di sebelah kanan atau kiri saja atau bahkan di kedua telinga, yang dikenal sebagai tinnitus. Mungkin tidak tampak seperti masalah besar. Tetapi bagi banyak orang, ini adalah kondisi menjengkelkan yang dapat mendorong Anda untuk mengalihkan perhatian dan mempengaruhi hidup Anda. Untungnya, ada beberapa cara untuk meredakan masalah tersebut.
Ini juga merupakan keluhan umum. Hampir 50 juta orang Amerika melaporkan beberapa jenis tinnitus, menurut audiolog Craig Newman, PhD. Bagi sekitar 42 juta orang, masalahnya adalah menyusahkan dan / atau kronis. “Mereka memiliki masalah, seperti gangguan tidur, dan mereka mungkin mengalami kecemasan atau depresi,” katanya. “Banyak juga yang mengalami kesulitan konsentrasi.”

Penyebab Telinga Berdenging Pada Sebelah Kanan / Kiri / Keduanya

Dokter dan audiolog tidak selalu tahu persis penyebab tinnitus. Paparan bising yang berlebihan adalah penyebab umum. Apakah Anda bekerja di lingkungan yang bising, seperti pabrik atau lokasi konstruksi? Atau mungkin Anda mendengarkan musik keras terus-menerus atau menggunakan alat-alat listrik? Mendengarkan suara keras membuat telinga Anda berisiko.
Baik Anda muda atau tua, sebaiknya mengambil langkah-langkah untuk melindungi telinga Anda. Untuk mengurangi risiko Anda, secara fisik lepaskan diri Anda dari suara-suara keras, kecilkan volume atau pakai perlindungan pendengaran.

Penyebab Potensial Telinga Berdenging (Tinnitus) yang Kurang Diketahui

1. Earwax. Sesuatu yang sederhana seperti penumpukan kotoran telinga di telinga bagian dalam Anda dapat menyebabkan telinga Anda berdering. Dokter Anda dapat mengeluarkan kotoran telinga untuk menghilangkan dering.
2. Obat-obatan. Beberapa obat dapat mempengaruhi telinga Anda. Aspirin dosis tinggi, antibiotik tertentu, dan antidepresan dapat menyebabkan tinnitus. Obat kemoterapi juga dapat mempengaruhi telinga Anda. Periksa dengan dokter perawatan primer Anda untuk menentukan apakah obat yang Anda minum bisa menjadi penyebabnya.
3. Masalah gigi. Dering telinga terkadang berhubungan dengan masalah non-pendengaran pada rahang atau gigi Anda. Sebagai contoh, gangguan sendi temporomandibular (TMJ) dapat menyebabkan suara seperti muncul atau mengklik pada sendi di rahang Anda.
Jika Anda baru-baru ini melakukan perawatan gigi atau rahang mengganggu Anda, Anda mungkin ingin mengunjungi kembali dokter gigi Anda. Terkadang penjaga malam atau alat ortotik gigi dapat membantu mengatasi masalah gigi dan menghentikan suara-suara menyebalkan yang Anda dengar.
4. Cidera kepala. Apakah Anda mengalami kecelakaan kendaraan bermotor baru-baru ini? Atau apakah Anda membenturkan kepala? Jika demikian, deringan yang Anda dengar mungkin merupakan gejala dari masalah biomekanik kepala, leher, atau rahang. Jika Anda memiliki masalah setelah cedera kepala, dapatkan bantuan medis.
Untuk membantu mencegah cedera kepala, kenakan pelindung kepala jika Anda bermain olahraga kontak tinggi, seperti hoki, atau jika Anda bekerja di lokasi berisiko tinggi, seperti lokasi konstruksi, saran Dr. Newman.
5. Penyakit. Dering di telinga Anda kadang-kadang merupakan gejala dari kondisi medis, seperti penyakit Meniere. Ini terjadi ketika tekanan cairan abnormal menumpuk di telinga bagian dalam Anda. Hipertensi dan diabetes juga dapat menyebabkan tinnitus. Itu selalu terbaik untuk mendapatkan pemeriksaan medis untuk mencari tahu apa yang salah.

Kunjungi Dokter Anda Untuk Mendapatkan Pertolongan

Sayangnya, tidak ada obat yang disetujui FDA untuk tinnitus, kata Dr. Newman. Perawatan biasanya melibatkan trial and error.
“Anda ingin mengesampingkan masalah mendasar yang memerlukan intervensi medis atau bedah,” katanya. “Kalau begitu pastikan untuk memiliki tes pendengaran lengkap oleh seorang audiolog.”
Jika tidak ada perawatan khusus yang akan menghentikan tinnitus Anda, ada beberapa cara lain untuk meredakannya:

  • Konseling perilaku kognitif dapat membantu Anda mengubah pemikiran atau perilaku Anda untuk membantu mengelola tinnitus.
  • Terapi suara melibatkan penggunaan suara-suara yang memproduksi bantuan luar untuk membantu Anda mengubah cara Anda bereaksi terhadap tinnitus. Beberapa pasien merasa lega di malam hari dengan generator suara di samping tempat tidur. Bahkan ada aplikasi yang dapat Anda unduh untuk ponsel cerdas atau tablet yang mungkin membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.