Penyebab Hiperakusis Dan Cara Penanganannya

Penyebab hiperakusis – Hiperakusis adalah suatu kondisi yang mempengaruhi cara Anda memahami suara. Anda dapat mengalami sensitivitas yang tinggi terhadap suara tertentu yang biasanya tidak menjadi masalah bagi orang lain. Ini berarti suara keras seperti kembang api, dan suara sehari-hari seperti telepon bisa terasa tidak nyaman dan kadang menyakitkan. Tingkat keparahannya bervariasi, mulai dari ketidaknyamanan ringan hingga kondisi yang mengubah hidup.

Gejala Hiperakusis

Jika Anda merasa menderita hyperacusis , tiba-tiba Anda akan merasa tidak nyaman ketika mendengar suara-suara tertentu. Kadang-kadang bisa terasa sangat menyakitkan, dan dalam beberapa kasus sepertinya semua suara terlalu keras.
Kadang-kadang bisa ditambah dengan fonofobia , rasa takut akan kebisingan. Ini sering dipicu oleh rasa sakit yang disebabkan oleh suara, saat Anda mulai mengaitkan suara dengan rasa sakit. Kondisi ini juga dapat dikaitkan dengan kecemasan dan depresi, dan dapat menjadi masalah tersendiri. Hyperacusis sering dapat dialami jika Anda menderita tinnitus juga .

Penyebab Hiperakusis

Apa yang menyebabkannya terjadi dapat berbeda dari orang ke orang. Walaupun Anda mungkin menemukan itu terjadi sebagai akibat dari kondisi medis yang ada, atau Anda mungkin mengalaminya melalui kerusakan pendengaran Anda, terutama dari paparan kebisingan jangka panjang, atau sebagai kondisi yang dihasilkan dari gangguan stres pasca-trauma. Di sisi lain, beberapa orang mungkin mengalaminya tanpa alasan yang jelas. Sementara penyebab spesifik dari kondisi agak dapat diperdebatkan, ada beberapa cara untuk membantu meringankan masalah.

Pengobatan

Karena cukup sering muncul sebagai akibat dari kondisi medis lain, menyelidiki ini mungkin merupakan langkah pertama dalam perawatan dan merupakan sesuatu yang dapat dimulai dokter umum Anda. Setelah ini dikesampingkan, Anda akan sering menjalani terapi suara untuk mendekati masalah dengan cara yang mirip dengan bagaimana tinitus dapat diobati. Terapi suara digunakan untuk membantu Anda menjadi semakin tidak terpengaruh oleh suara-suara yang sensitif.
Anda mungkin menemukan terapi perilaku kognitif (CBT) dapat membantu, terutama jika Anda mungkin menderita kecemasan atau depresi. Hiperakusis dapat memperburuk masalah ini, atau bahkan menyebabkannya. CBT membantu mengatasi emosi yang menyertainya, dan mengubahnya untuk mengurangi perasaan cemas.
Orang-orang dapat mengalami gangguan pendengaran dan sensitivitas suara, dan alat bantu dengar dapat disesuaikan untuk memungkinkan amplifikasi tanpa amplifikasi yang berlebihan.

Tindakan Pencegahan

Meskipun penyebab pasti hiperakusis tidak diketahui, Anda mungkin mengalami kondisi ini karena kerusakan pendengaran Anda dari paparan kebisingan yang berlebihan. Untuk mencegah hal ini, dan masalah pendengaran lainnya seperti gangguan pendengaran dan tinnitus, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memastikan Anda melindungi pendengaran Anda. Ini termasuk:

  • Cobalah mendengarkan musik dengan volume yang dikurangi untuk periode waktu yang lebih singkat
  • Mengenakan pelindung telinga – misalnya di konser, atau di tempat kerja jika perlu
  • Menyadari bahwa pemaparan suara yang lebih dari 85 desibel dapat merusak pendengaran Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.