Penderita Tinnitus Dipengaruhi Oleh Makanan

Ada kabar gembira bagi para penderita Tinnitus. Saat ini mengatasi tinnitus dapat dilakukan dengan mudah sama seperti saat menghindari beberapa makanan tertentu. Sampai saat ini sudah banyak orang yang mengalami tinnitus. Sayangnya, sebagian besar dari mereka masih belum menemukan hubungan antara gangguan pendengaran tersebut dengan makanan yang dikonsumsi sehari – hari. Ada beberapa zat aditif dan makanan yang dapat memicu terjadinya tinnitus yakni sebagai berikut:

MSG

MSG atau monosodium glutamate adalah bahan penguat rasa yang biasa ditambahkan pada makanan instan dan makanan oriental.  Penyedap rasa ini dapat membunuh neuron di otak dan dapat menyebabkan sakit kepala jika diberikan terlalu banyak. Bahkan bagi sebagian orang, penyedap rasa juga dapat menimbulkan reaksi alergi.

Pemanis Buatan

Pemanis buatan seperti aspartame memberikan pengaruh yang hampir sama seperti MSG untuk otak. Aspartame juga bersifat eksitoksin karena mempercepat kematian neuron. Pemanis buatan lain yang terbuat dari bahan kimia seperti sakarin juga dapat menimbulkan respon alergi dan menyebabkan tinnitus serta berbagai masalah kesehatan lainnya.

Gula Rafinasi

Gula berperan dalam level gula darah yang tinggi. Berdasarkan study, masalah telinga juga berkaitan dengan level gula darah. Studi lainnya menemukan bahwa seseorang yang mengalami tinnitus juga mengalami gangguan yang disebut hyperinsullinemia atau pradiabetes atau resistan insulin. Biasanya ini disebabkan karena terlalu banyak asupan gula dan karbohidrat.

Kafein

Ini adalah salah satu faktor yang menyebabkan tinnitus karena dapat menurunkan aliran darah ke kepala dan telinga. Tetapi tidak semua penderita tinnitus mengkonsumsi kafein.

Minyak Hidrogenasi

Jenis minyak ini memiliki lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol di dalam arteri. Kolesterol tersebut menghambat aliran darah. Padahal aliran darah yang cukup dapat menjaga kesehatan sel dan menghilangkan toksin dari telinga dalam.

Makanan Oriental

Makanan Korea, Thailand, Vietnam, China memang memiliki citarasa yang kuat. Namun kebanyakan makanan tersebut mengandung MSG
Setelah mengetahui bahan – bahan yang menyebabkan tinnitus, sekarang Anda dapat menghindarinya untuk mengatasi tinnitus atau mencegah gangguan pendengaran tersebut. Berikut ini adalah beberapa contoh resep sehat yang dapat menjadi referensi bagi Anda penggemar masakan oriental tetapi tidak ingin menggunakan MSG di dalamnya.
Berikut ini ada beberapa resep lezat dan sehat yang tidak mengandung bahan-bahan yang menyebabkan tinnitus:
Salad Mentimun Ala Thailand

  • 2 cangkir irisan mentimun atau pepaya hijau
  • ½ cangkir irisan wortel
  • 5 tomat cherry, potong-potong
  • bawang putih 1 siung, cincang
  • buah lemon, ambil sarinya
  • 1 ½ sendok kecap ikan
  • 1 ½ sendok sucanat
  • cabai Thailand 1 buah, iris tipis
  • 2 sendok kacang (opsional)

Cara membuat:

  • Campurkan sari lemon, kecap ikan, cabai, sucanat/ stevia, dan bawang putih di dalam mangkuk.
  • Tambahkan mentimun, tomat, dan wortel. Aduk kemudian taburi dengan kacang dan salad pun siap disajikan.
Selada Ala Korea Dengan Salsa Nanas

Ini adalah sajian yang sehat untuk para pria karena pria biasanya menyukai daging. Karena bumbu marinasi dengan minyak wijen tidak ada unsur penyebab tinnitus seperti gula halus atau MSG. Minyak wijen menambahkan citarasa lezat sekaligus sehat karena merupakan lemak tak jenuh. Sebelumnya siapkan dulu daging sapi barbeque Korea kemudian salsa nanas. Setelah itu bungkus dengan daun selada. Anda juga dapat menambahkan nasi pada hidangan ini

One Comment on “Penderita Tinnitus Dipengaruhi Oleh Makanan”

  1. Pingback: 2decrepit

Leave a Reply