Kekurangan Vitamin B12 Dapat Menyebabkan Tinnitus?

menyebabkan tinnitus

Jika Anda penasaran dan ingin tahu apakah kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan tinnitus, jawabannya mungkin saja. Namun hal itu bukan penyebab utama berbagai macam tinnitus. Tetapi kekurangan asupan vitamin tersebut ditemukan pada penderita tinnitus dengan jumlah yang cukup banyak. Jadi hal ini perlu diperhatikan. Apalagi penyebab tinnitus yang sebenarnya pun masih menjadi misteri. Tinnitus dipercaya sebagai dampak dari gangguan atau sistem yang tidak berjalan normal di dalam tubuh. Cara – cara alami termasuk penggunaan vitamin dan mineral termasuk vitamin B12 dapat membantu mengatasi masalah ini.

Tanda – tanda Kekurangan Vitamin B12

Beberapa gejala umum seseorang yang kekurangan vitamin B12 di antaranya adalah:

  • Pandangan kabur, penglihatan ganda, sensitive terhadap cahaya, dan dalam beberapa kasus menyebabkan kehilangan penglihatan karena terjadi kerusakan pada saraf optic atau pembuluh darah pada retina karena kekurangan vitamin ini.
  • Lidah mungkin terasa halus dan berwarna merah karena kehilangan bintil – bintil pada lidah atau papilla. Kehilangan bintil – bintil yang berfungsi sebagai pengecap dapat berpengaruh terhadap kemampuan Anda untuk mengenal rasa dari makanan yang dikonsumsi.
  • Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kulit memiliki rona kekuningan.
  • Kekurangan vitamin B12 dapat berpengaruh terhadap emosi Anda dan dapat menyebabkan depresi atau kecemasan.
  • Kurangnya asupan vitamin B12 dapat menyebabkan pusing dan kaki gemetar.
  • Kerusakan saraf karena kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan seseorang mengalami sensasi ditusuk jarum pada titik – titik tertentu dan mati rasa karena sel – sel di dalam tubuh tidak mendapatkan asupan oksigen dalam jumlah yang cukup karena kerusakan saraf tersebut.
  • Merasa lelah walaupun sudah tidur cukup menjadi keluhan umum yang dialami oleh seseorang yang kekurangan vitamin B12 walaupun gejala uni juga dapat menjadi tanda gangguan lainnya.
  • Lemah otot dan lesu.
  • Mengalami masalah dengan ingatan. Hal ini bisa menjadi tanda – tanda demensia atau Alzheimer. Tetapi, ini juga dapat terjadi pada kasus kekurangan vitamin B12.
Vitamin B12 dan Tinnitus

Karena kekurangan vitamin B12 berhubungan dan menyebabkan tinnitus, gejala – gejala di atas jelas dapat mendorong kondisi yang buruk di dalam tubuh dan dapat meningkatkan resiko berbagai gangguan lainnya, termasuk tinnitus. Studi juga telah menemukan bahwa kekurangan vitamin B12 ditemukan pada sebagian besar orang tua yang mengalami tinnitus karena gangguan pendengaran, mengalami tinnitus kronis, dan mengalami tinnitus karena terpapar suara keras. Hal tersebut seolah menyiratkan bahwa kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan beberapa kerusakan di jalur pendengaran.

Dosis Vitamin B12 Untuk Tinnitus

Berbagai kekurangan vitamin dan mineral, termasuk vitamin B12 perlu diperbaiki dan beberapa manfaat telah dirasakan oleh penderita tinnitus yang kekurangan vitamin tersebut kemudian mulai menambah asupan vitamin B12. Jadi tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba hal ini.
Vitamin B12 dapat ditemukan di berbagai bahan makanan seperti daging, ayam, kalkun, hati, dan seafood dengan cangkang. Tetapi tubuh kesulitan untuk menyerap vitamin B12 dalam jumlah yang cukup sehingga pemberian suplemen akan lebih efektif, khususnya diberikan melalui bawah lidah atau dilarutkan.

2 Comments on “Kekurangan Vitamin B12 Dapat Menyebabkan Tinnitus?”

  1. Thanks for your article. I also think laptop computers have become more and more popular currently, and now are usually the only form of computer used in a household. It is because at the same time they are becoming more and more economical, their processing power is growing to the point where they are as highly effective as desktop out of just a few in years past.

Leave a Reply

Your email address will not be published.