Fungsi Kotoran Telinga dan Tinnitus

Apa itu Kotoran Telinga?

Kotoran telinga merupakan salah satu sekresi penting yang terbentuk secara alami dalam telinga. Fungsi kotoran telinga ini dapat membuat saluran telinga bebas dari berbagai debu, kotoran juga bakteri penyebab infeksi.
Kotoran telinga atau serumen terdiri dari epitel (Sel kulit), debu dan sekresi berminyak yang diproduksi dari kelenjar sebaceous dan ceruminious di saluran telinga. Sekresi ini melumasi saluran telinga dan mencegahnya menjadi terlalu kering. Komposisinya berbeda dari orang satu dengan yang lainnya, tergantung dari makanan, usia, dan lingkungan.
 

Apa yang Perlu Dilakukan Jika Kotoran Telinga Menumpuk?


Apabila kotoran telinga tidak menimbulkan masalah, maka sebaiknya biarkan saja. Telinga akan membersihkannya sendiri, sehingga Anda tidak perlu membersihkannya. Jika mendapatinya keluar dari telinga, maka Anda cukup membersihkan atau mengelapnya dengan kain bersih. Kotoran telinga memang bisa ada, terutama jika ini terlalu kering atau pada orang yang memiliki telinga berbulu. Ini juga dapat muncul jika ini didorong keluar menggunakan cutton buds, alat bantu dengar, jepitan, atau alat bantu lainnya.
Perlu diketahui, bahwa menggunakan cutton bud dapat membuat telinga Anda menjadi iritasi. Ketika ada air yang masuk ke dalam telinga pada saat berenang, juga dapat menyebabkan kotoran telinga mengembang, dan dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya tinnitus.
Jika kotoran telinga menumpuk dan menyebabkan ketulian, masalah dengan alat bantu dengar, serta ketidaknyamanan, maka itu perlu untuk dibersihkan. Beberapa penderita tinnitus merasa lebih terganggu ketika kotoran telinganya menumpuk.
 

Bagaimana Cara Membersihkan Kotoran Telinga?

Jika Anda merasakan sakit di telinga atau merasa adanya kotoran disana, maka jangan mencoba melakukan perawatan apapun dirumah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter umum.
Dalam hal ini, kebanyakan orang cenderung menggunakan obat tetes telinga sebagai pilihan pertama. Penggunaan obat tetes ini dapat membantu melunakkan kotoran telinga Anda secara alami. ada banyak tetes telinga di pasaran, namun beberapa dari mereka lebih kasar, dan tidak cocok bagi sebagian orang yang memiliki kulit yang sensitif.
Alih-alih menggunakan obat tetes, sebagian orang cenderung memilih minyak zaitun, lebih mudah di dapat, nyaman digunakan, dan tidak perlu dihangatkan saat hendak digunakan. Dalam hal ini, Anda cukup meneteskannya dua atau tiga tetes sehari dalam satu minggu, maka kotoran telinga akan keluar dengan sendirinya.
 

Hopi Ear Candling


Praktisi dari hopi ear candling sering mengklaim ini efektif untuk menghilangkan kotoran telinga, tapi kita tetap perlu memperhatikan terapi ini lebih lanjut karena tidak ditemukan bukti bahwa terapi ini dapat mengobati mayoritas penderita tinnitus.
Metode klinis apa yang dapat digunakan untuk membantu menghilangkan kotoran telinga?
Salah satu cara yang paling sering digunakan untuk menghilangkan kotoran telinga adalah dengan irigasi telinga, atau yang lebih dikenal dengan syringing. Prosedur ini tidak dapat dilakukan jika penderita pernah mengalami operasi telinga, infeksi baru, pusing, dan penderita tinnitus parah.
Dalam hal ini, pasien akan didudukkan dikursi, sedangkan telinganya dibilas dengan air hangat. Dulu, dokter menggunakan alat suntik logam, namun sekarang berganti menjadi alat elektronik baru yang lebih lembut dan aman. Meskipun terdengar sedikit bising, namun tidak berlebihan dan tidak mengganggu kenyamanan. Justru mereka menganggap ini adalah cara yang menyenangkan.
 

Dapatkah Jarum Suntik Telinga dapat Menyebabkan Tinnitus?

Seringkali penderita tinnitus melaporkan bahwa penggunaan jarum suntik tersebut memperparah tunnitus mereka. Ini mungkin saja terjadi jika mereka merasa tidak nyaman. Namun tak dapat dipungkiri, bahwa inia adalah cara yang paling umum digunakan untuk membersihkan kotoran telinga.
 

Kesimpulan
  1. Kotoran telinga adalah sekresi alami.
  2. Jangan menggunakan cutton bud, jepit rambut, dan alat lain untuk membersihkannya.
  3. Gunakan tetes telinga yang lembut.
  4. Kunjungi dokter umum jika perlu.

8 Comments on “Fungsi Kotoran Telinga dan Tinnitus”

  1. Pingback: Google
  2. Pingback: Bubble hash
  3. Pingback: Moroccan hash
  4. Pingback: Litto disposable
  5. Pingback: Bubble hash
  6. Pingback: bahis siteleri

Leave a Reply