Diagnosa Penyebab Tinnitus Menurut Dokter

Diagnosa Penyebab Dari Tinnitus

Dokter Anda akan menguji dan melakukan diagnosa beberapa bagian tubuh Anda, seperti telinga Anda, kepala Anda, dan juga leher Anda untuk memastikan penyebab dari tinnitus. Pengujian-pengujian tersebut akan terdiri dari :

1. Tes audiological atau tes pendengaran

Sebagai bagian dari tes ini, Anda akan disuruh untuk duduk di sebuah ruangan yang kedap suara dengan menggunakan earphone. Di sana Anda akan mendengarkan sebuah suara khusus beberapa waktu. Anda akan mengindikasi kapan Anda akan mendengar suara itu dan hasil apa yang akan Anda dapatkan. Hasil-hasil tersebut akan dijadikan bahan pertimbangan dan perbandingan dengan usia Anda saat ini.
Tes ini menjadi hal yang sangat membantu melakukan diagnosa dan bisa mengidentifikasi kemungkinan penyebab terjadinya tinnitus.

2. Perpindahan

Dokter Anda mungkin akan menyuruh Anda untuk menggerakkan bola mata Anda, membuka tutup rahang Anda, atau menggeleng-gelengkan telinga Anda, lengan, dan kaki Anda. Jika tinnitus Anda berubah atau semakin memburuk, maka akan membantu dokter untuk menemukan perlakuan atau solusi yang tepat untuk masalah Anda ini.

3. Tes gambaranDiagnosa Penyebab Tinnitus

Berdasarkan pada penyebab tinnitus yang diperkirakan, Anda mungkin akan memerlukan tes gambaran seperti CT atau MRI scan. Suara yang Anda dengan akan membantu dokter Anda untuk mengidentifikasi penyebab utama dari tinnitus yang Anda derita.

4. Clicking

Ini adalah keadaan dimana otot berkontraksi di dalam dan di sekitar telinga Anda yang bisa menyebabkan penyebab utama dari suara klik yang dihasilkan di dalam telinga. Ini mungkin akan membutuhkan beberapa menit untuk membuktikannya.

5. Suara yang berisik

Biasanya berpembuluh darah asIi akan memberikan memperingatkan Anda bahwa peningkatan suara yang akan Anda dengarkan akan berubah posisi, seperti ketika Anda sedang berbaring dan berdiri. Suara dengungan yang berisik ini akan berbeda-beda suaranya.

6. Detakan

Masalah pembuluh darah, seperti tekanan darah tinggi, tumor, atau saluran telinga yang tertutup terutama di bagian saluran Eustachiusbisa membuat suara detakan yang sangat sering di dalam telinga Anda.

7. Deringan rendah

Yakni sebuah kondisi yang menyebabkan deringan rendah di telinga bagian dalam sehingga disebut penyakit Meniere. Tinnitus mungkin akan menjadi semakin keras sebelumnya dan bahkan bisa menyebabkan vertigo – sebuah keadaan dimana Anda atau lingkungan sekitar Anda akan terasa seperti berputar-putar.

8. Deringan tinggi

diagnosa Penyebab TinnitusTekanan untuk menghasilkan suara yang keras dan hembusan angin yang kuat di dalam telinga ini akan menyebabkan deringan yang tinggi atau bahkan akan menghasilkan suara yang mendesis. Namun suara ini akan hilang dari pendengaran setelah beberapa jam. Bagaimanapun, jika gangguan pendengaran Anda sudah dirasa membaik, maka tinnitus akan menjadi penyakit yang permanen.
Tekanan suara yang panjang, gangguan pendengaran yang dipengaruhi oleh faktor usia, atau pengobatan lah yang akan semakin memperparah tinnitus. Sehingga suara deringan tinggi akan dialami oleh dua buah telinga Anda. Akustik neuroma menyebabkan tinnitus yang berkelanjutan, serta menyebabkan deringan yang sangat tinggi pada telinga.

9. Suara lain

Otosklerosis atau gangguan tulang telinga bagian dalam dapat menyebabkan tinnitus pada frekuensi yang rendah, namun akan berlangsung terus menerus dan mungkin akan hilang dan datang setiap saat. Kotoran telinga, atau rambut-rambut halus di dalam telinga akan mengganggu kinerja gendang telinga, sehingga menyebabkan Anda mendengarkan banyak jenis suara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.