Temporomandibular Joint Dan Tinnitus

Mengalami suara bising atau dengungan di telinga dapat menyebabkan tinnitus tidak dapat membandingkannya dengan penyakit seperti diabetes, kanker, dll. Tinnitus itu sendiri tidak dikategorikan sebagai penyakit melainkan sebuah gejala atau sesuatu yang salah dengan tubuh. Penyebab utama dari tinnitus juga belum diketahui sampai saat ini. Beberapa di antaranya disebabkan karena sindrom TMJ atau Temporomandibular Joint yaitu gangguan pada sendi rahang.
Yang menjadi pertanyaan, apakah tinnitus yang disebabkan oleh Temporomandibular Joint atau TMJ dapat disembuhkan? Hal ini sangat mungkin jika penyebab utamanya telah diatasi. Pengobatan tersebut dapat meringankan masalah rahang dan suara – suara dengungan di dalam telinga akan hilang dengan sendirinya.

Temporomandibular Joint (TMJ) dan Tinnitus

TMJ adalah sendi yang menghubungkan rahang ke tengkorak. Sendi ini memungkinkan orang untuk menutup dan membuka mulut serta menggerakkan rahang ke samping. Rahang bawah dan atas dihubungkan oleh 5 pasang otot dan sendi TMJ ini yang memungkinkan rahang tersebut bergerak membuka, menutup, ke samping, ke depan, dan ke belakang.
Gangguan atau penyakit TMJ terjadi ketika otot, tulang, dan sendi tidak berfungsi dengan baik. Hal tersebut dapat menyebabkan berbagai macam persoalan, termasuk tinnitus. Ketika seseorang mengalami tinnitus, mereka biasanya mendengar suara di salah satu atau kedua telinga di mana suara tersebut berasal dari dalam telinga dan orang lain tidak mendengarnya karena sebenarnya suara tersebut memang tidak ada. Beberapa suara yang terdengar misalnya berdengung, berdering, dll.
Suara tersebut datang dan pergi begitu saja. Memang suara tersebut tidak terlalu keras sehingga memungkinkan penderitanya untuk mengabaikannya dan tidak mencari perawatan. Namun suara tersebut mungkin konstan dan dengan nada yang tinggi sehingga dapat berdampak negatif terhadap kehidupan. Ketika sindrom TMJ menjadi penyebab tinnitus, Anda mungkin dapat mendengarkan bunyi klik ketika menggerakkan rahang. Suara tersebut juga mungkin terdengar walaupun Anda tidak menggerakkan rahang tetapi kasus ini cukup jarang terjadi.

Apakah Tinnitus Karena TMJ Dapat Disembuhkan?

Diperkirakan jutaan orang di dunia ini mengalami gangguan TMJ. Namun kebanyakan hal tersebut tidak terdiagnosis, salah diagnosis, dan bahkan tidak mendapatkan perawatan. Beberapa orang belajar menyesuaikan diri dengan ketidaknyamanan ini dan berbagai masalah yang disebabkan oleh kondisi ini di mana hal tersebut bisa sangat sulit, khususnya jika diiringi dengan tinnitus.
Pengobatan yang dilakukan untuk jenis tinnitus ini berarti menghilangkan sumber permasalahannya terlebih dahulu yakni sindrom TMJ dan selanjutnya suara – suara itu mungkin tidak akan muncul lagi. Anda dapat meminta bantuan dari professional khususnya dari spesialis TMJ karena seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gangguan ini kadang tidak terdiagnosis. Anda dapat memulainya dari dokter gigi spesialis TMJ. Dokter tersebut akan membuat semacam corong khusus untuk membantu menenangkan otot.

Leave a Reply