Pilihan Perawatan Tinnitus Dan Alat Bantu Dengar

Pilihan Perawatan Tinnitus Dan Alat Bantu Dengar

Pengobatan Tinnitus Dan Gangguan Pendengaran
Bayangkan jika Anda bisa mendengar dering konstan bergema di seluruh kepala Anda selama berjam-jam. Itu adalah tinitus – dering atau senandung konstan yang terasa seperti berasal dari dalam kepala Anda sendiri.

Ini masalah nyata, meskipun kedengarannya sepele. Ini dapat menyebabkan kurang tidur, peningkatan tingkat stres, dan – jika cukup keras – dapat cukup mengganggu untuk mengatasi kebisingan lainnya.

Meskipun tinitus mudah diabaikan sebagai dengungan sederhana yang dapat diabaikan dengan kemauan yang cukup, Anda berhutang pada diri sendiri untuk mengatasi kondisi Anda dengan benar. Jika Anda ingin menjalani tes pendengaran di mana Anda dapat menilai tingkat tinitus Anda, serta tindakan yang tepat untuk mengatasi kondisi Anda dengan tepat, Anda dapat memesan sesi gratis melalui formulir ini .

Apa itu tinnitus?

Jadi apa itu tinnitus? Jika Anda tidak memilikinya sendiri, atau setidaknya mengenal seseorang yang memilikinya, akan sulit untuk memahaminya sepenuhnya. Sederhananya, tinitus bisa menjadi:

  • Dering
  • Berdengung
  • Bersenandung
  • Desis
  • Siulan

Masalahnya adalah bahwa suara-suara ini (hampir selalu) hanya dapat didengar oleh individu yang menderita karenanya. Jika Anda tidak menderita tinitus, tetapi ingin memahaminya, bayangkan ini:

Anda tahu saat benar – benar sepi, seperti saat Anda berada di ruangan kosong di sebuah rumah di antah berantah, dan Anda bisa mendengar dering samar di telinga Anda hanya karena tidak ada suara lain? Itu metafora yang cukup solid untuk sensasi tinitus, dengan satu perbedaan.
Saat Anda berada di ruangan yang sunyi ini dan angin mulai menggetarkan jendela atau seseorang mulai berbicara, deringnya hilang. Ini tidak terjadi pada tinitus – dan jika ini kasus yang cukup buruk, bahkan dapat meredam suara lain.

Jenis tinitus

Jenis tinnitus yang paling umum adalah tinnitus subyektif , yang seperti namanya, hanya dapat dialami oleh individu yang menderitanya . Ini merupakan 99% dari semua kasus , dan mencakup seluruh cakupan dengungan, dering, siulan, dll. Lagi pula, kebisingan yang Anda alami selama tinnitus mereka tidak mengubah apa pun – semuanya termasuk dalam elemen yang sama persis.
Ingat di intro ketika kami mengatakan bahwa tinnitus hampir seluruhnya subyektif? Itu karena ada satu bentuk tinitus langka yang tidak. Tinnitus objektif hanya mempengaruhi 1% pasien , dan dapat didengar dengan lembut oleh orang lain jika mereka meletakkan telinga mereka di sebelah telinga pasien.

Penyebab tinitus

Sekarang kita telah menetapkan apa itu tinitus, pertanyaan yang wajar untuk menanyakan apa penyebabnya. Jika kita tahu itu, kita bisa tahu bagaimana menghindari memperburuknya, atau menderita karenanya.

Sementara orang dapat menderita gangguan pendengaran dari berbagai penyebab yang berbeda, salah satu penyebab yang lebih umum adalah induksi kebisingan, dan gejala umum dari gangguan pendengaran akibat kebisingan adalah tinnitus. Faktanya, 90% kasus tinitus disertai dengan gangguan pendengaran akibat kebisingan.

Hampir setiap orang pernah mengalami telinga berdenging setelah keluar malam di konser atau klub malam.

Jika belum , pertama-tama, selamat merawat telinga Anda. Kedua, untuk membantu Anda membayangkannya, pikirkan sebuah adegan dalam film di mana sesuatu meledak atau jatuh di dekat sang pahlawan, dan semua suara dalam film tersebut digantikan oleh suara dering bernada tinggi. Bisakah Anda membayangkannya? Itu adalah emulasi tinnitus jangka pendek yang layak.

Ini adalah bentuk tinitus sementara, karena telinga Anda mengalami kerusakan jangka pendek. Namun, lakukan kerusakan yang cukup, dan Anda berisiko mengalami tinitus permanen.
Tapi kebisingan bukan satu-satunya cara untuk menyebabkan tinnitus. Ini mungkin merupakan gejala dari berbagai masalah lain, seperti:

  • Kotoran telinga atau penyumbatan lainnya
  • Gangguan telinga tengah – otosklerosis atau infeksi telinga
  • Obat ototoksik (zat yang beracun bagi telinga) seperti aspirin
  • Tekanan darah tinggi atau rendah
  • Kondisi kesehatan aural spesifik lainnya (sindrom TMJ, Penyakit Meniere, neuroma akustik, sindrom tensor timpani tonik)

Jadi kami telah menetapkan bahwa kondisi ini dapat menyebabkan tinitus, tetapi kami belum benar-benar membahas bagaimana kondisi tersebut menyebabkan tinitus, atau apa arti tinnitus selain dering di telinga Anda.

Secara biologis, tinnitus adalah sinyal dari otak Anda yang memberi tahu Anda bahwa telinga Anda rusak. Dalam kasus gangguan pendengaran, ketika jumlah rangsangan yang mencapai telinga Anda berkurang, tinitus Anda akan menggantikan kurangnya rangsangan dan menghasilkan bunyinya sendiri.

Namun terkadang, tinnitus merupakan gejala dari masalah medis yang lebih besar. Kondisi seperti neuroma akustik dan Penyakit Meniere – keduanya penyakit telinga bagian dalam – sering disertai dengan tinnitus.

tinitus berbahaya?

Jadi tinnitus menyebabkan telinga berdenging – apakah ada masalah dengan itu? “Saya hanya bisa menyeringai dan menahannya, dan pada akhirnya saya akan mengabaikannya secara psikologis.” Yah, mungkin jika ini adalah kasus yang cukup kecil, Anda mungkin dapat menerimanya – tetapi bahkan kasus tinitus rata-rata dapat berakibat.

Tinnitus terhubung ke sistem limbik, yang merupakan bagian otak yang mengendalikan emosi. Karena itu, serangan yang parah dapat menyebabkan kecemasan dan kegelisahan. Dan pada gilirannya, tinitus dapat kambuh jika pasien stres, lelah, atau khawatir, yang dapat menimbulkan efek umpan balik.

Gejala tinitus

Paling tidak, tinitus bukanlah masalah kesehatan yang menipu. Apa yang Anda lihat (atau dengar) adalah apa yang Anda dapatkan – selain kebisingan di telinga Anda, tidak ada gejala lain yang menyertai tinnitus.

Tinnitus dapat, bagaimanapun, menyebabkan (atau dipasangkan dengan) kondisi yang lebih mengganggu. Ini berkisar dari hal-hal yang tampaknya kecil seperti pusing dan lebih banyak stres, hingga masalah kesehatan serius seperti gangguan tidur, gangguan pendengaran lebih lanjut, hiperakusis (melemahkan kepekaan terhadap kebisingan), atau bahkan depresi.

Diagnosis tinitus

Inilah cara yang bagus dan sederhana untuk mendiagnosis diri Anda sendiri: jika Anda dapat mendengar dering, dengungan, atau dengungan terus-menerus yang tidak dapat didengar orang lain, maka Anda hampir pasti menderita tinnitus.

Hal yang rumit adalah, seperti yang kami katakan sebelumnya, tidak ada tindakan objektif yang dapat dilakukan spesialis untuk memastikan atau menyangkal keberadaan kondisi pasien. Ini berarti bahwa semua diagnosis tinitus bersifat subyektif. Kami akan mencatat bahwa ini tidak berarti mereka tidak dapat dipercaya – hanya saja mereka mengandalkan masukan yang jujur dari pasien. Diagnosis ini dapat meliputi:

  • Pertanyaan dasar tentang dampak dan intensitas dering Anda
  • Pencocokan volume dan nada, untuk mendapatkan cakupan jenis suara yang Anda alami
  • “Minimum masking level” – tes untuk melihat seberapa banyak derau putih diperlukan untuk menutupi (atau “menutupi”) tinitus Anda
  • Tes pendengaran dasar, untuk mengetahui apakah kondisi Anda merupakan bagian dari gangguan pendengaran yang berkelanjutan

Kondisi ini unik tergantung pada pasiennya, jadi pengobatan untuk membantu satu orang mungkin sama sekali tidak efektif dalam kasus lain.

Obat tinnitus

Jadi itu adalah sudut pandang medis dari perawatan tinnitus, tetapi apa yang dapat Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk menghindari memperburuk tinnitus Anda, atau bahkan membantu menenangkannya?

Sifat tinnitus berarti lebih jelas dan mengganggu di lingkungan yang sepi, karena kurangnya kebisingan yang dapat menutupi suara dering. Ini jelas akan memiliki efek terbesar pada tidur, ketika kebanyakan orang mencari lingkungan yang tenang.

Solusi sederhana untuk ini adalah memperkaya kesunyian lingkungan dengan white noise yang lembut. Baik itu suara kipas angin atau video YouTube tentang suara hutan hujan, jenis suara apa pun akan membantu meredam tinitus Anda.

Asupan kafein, nikotin, garam, dan alkohol juga dianggap memiliki efek pada tinnitus. Nikotin dan alkohol sudah terbukti buruk bagi telinga Anda, sehingga hanya dapat memperburuk tinnitus. Dan sementara kafein dan garam memiliki dampak yang dapat diperdebatkan pada kesehatan telinga Anda, menguranginya hanya akan menjadi hal yang baik untuk kesehatan Anda secara umum.

Seperti yang kami sebutkan, stres dan tinnitus agak berhubungan, jadi melakukan yang terbaik untuk mengurangi stres dapat membantu memperbaiki tinnitus (kami tahu ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.) Jika tinnitus Anda semakin parah, maka membaca, meditasi, atau bahkan berjalan mungkin membantu menenangkannya.

Beberapa orang menemukan bahwa suplemen mineral atau vitamin tertentu menawarkan pereda tinnitus. Magnesium, seng , atau vitamin B semuanya disebut-sebut sebagai pengobatan tambahan untuk tinnitus. Tetapi seperti suplemen medis lainnya, pastikan Anda meminumnya di bawah pengawasan dokter Anda, dan tidak hanya mau tak mau.

Karena tinnitus sebagian besar disebabkan oleh kebisingan, mungkin cara yang paling jelas untuk mengelolanya adalah dengan menghindari kebisingan yang keras. Tembakan senjata, alat-alat listrik, sirene, konser, atau musik yang berkepanjangan semuanya dapat memperburuk tinnitus. Jika Anda sering berada di sekitar kebisingan ini, kenakan pelindung pendengaran.
Ingat, semua kasus tinnitus berbeda . Jika satu jenis pengobatan tidak banyak membantu Anda, Anda tidak perlu berkecil hati. Mungkin saja tinitus Anda hanya dapat diredakan dengan tindakan tertentu.

Perawatan tinnitus

Karena tinitus memiliki berbagai penyebab, pengobatan dapat dilakukan dalam berbagai bentuk. Misalnya, bentuk tinnitus yang paling mudah ditangani adalah karena kotoran telinga yang meluap-luap. Penghapusan lilin yang sederhana sudah cukup untuk memperbaiki situasi ini.

Namun, dalam sebagian besar kasus tinitus, penyembuhan tidak mungkin dilakukan, dan hanya dapat diobati untuk mengurangi dampaknya pada kehidupan sehari-hari pasien. Beberapa pilihan pengobatan tersebut adalah:

  • Neurostimulasi: menggunakan kejutan listrik kecil untuk merangsang otak
  • Terapi Kognitif- Perilaku : versi terapi yang kita lihat di film dan televisi. Pasien mendiskusikan stresor atau masalah apa pun dari masa lalu mereka dengan seorang profesional untuk mengurangi stres atau kecemasan
  • Transcranial Magnetic Stimulation (TMS): suatu bentuk stimulasi otak di mana medan magnet kecil digerakkan di sekitar kepala untuk memicu dan mengubah arus listrik di otak

Beberapa di antaranya mungkin berhasil dan meminimalkan pengaruh tinitus, tetapi mungkin tidak ada yang melakukannya. Tidak ada cara untuk mengetahui sampai seorang profesional medis melakukan penilaian lengkap.

Alat bantu dengar untuk tinitus

Terakhir, apakah ada perangkat teknologi yang dapat membantu mengatasi tinnitus? Beberapa alat bantu dengar dan perangkat terapi suara telah terbukti sangat mengurangi efek tinitus, seperti:

  • Neuromonik
  • Sound Cure
  • Widex Zen
  • Berbagai aplikasi yang dapat memberikan kontra
  • Banyak lagi solusi teknologi yang dikembangkan untuk pasar

Beberapa alat bantu dengar bahkan dilengkapi dengan penghilang tinitus . Pasangkan ini dengan fakta bahwa alat bantu dengar jelas bertindak untuk mengatasi gangguan pendengaran, yang merupakan penyebab awal sebagian besar kasus tinnitus, dan alat bantu dengar mulai terlihat sebagai pendekatan terbaik untuk kasus tinnitus.

Keseluruhan

Cara terbaik untuk mengatasi tinitus Anda adalah dengan menghadiri konsultasi pendengaran gratis, milik kami. Jika Anda mendaftar untuk konsultasi pendengaran melalui formulir online kami , Anda akan dapat mendiskusikan kondisi unik tinitus Anda, serta pendekatan apa pun yang dapat diambil untuk memperbaikinya.

 

Source:
Tinnitus Treatment and Hearing Aid Options in the UK | Clear Living