Meringankan Tinnitus Dengan 6 Obat Alami

meringankan tinnitus

Siapa pun yang pernah mengalaminya pasti setuju, tinnitus sama menyenangkannya dengan mematikan jempol kaki Anda berulang kali. Tapi kabar baiknya adalah tidak perlu menderita dalam diam. Ada berbagai solusi alami  meringankan tinnitus, meskipun ini tidak akan menghilangkan tinnitus sepenuhnya, mereka dapat digunakan untuk membantu mengelola kondisi tersebut.

Sebelum kita membahas beberapa solusi alami meringankan tinnitus, mungkin ada baiknya untuk memahami apa sebenarnya tinnitus itu. Tinnitus adalah suatu kondisi fisik yang biasanya disebabkan oleh gangguan pada sistem pendengaran dimana seseorang mengalami suara bising atau telinga berdenging ketika tidak ada suara dari luar. Penting untuk mengetahui tinnitus adalah gejala, dan bukan penyakit. Ini dapat disebabkan oleh berbagai hal termasuk paparan suara keras, penyumbatan kotoran telinga, perubahan tulang telinga, dan kehilangan pendengaran terkait usia. Sekitar satu dari lima orang Australia menderita tinnitus.

1. Ginko Biloba

Secara umum, gingko biloba umumnya dianggap sebagai salah satu obat herbal yang lebih kuat untuk tinnitus. Obat herbal yang tersedia secara luas ini sering digunakan untuk meningkatkan sirkulasi darah, yang dapat mengurangi sensasi berdenging dan meningkatkan fungsi telinga Anda. Ini juga mengandung sifat antibakteri dan antijamur yang berguna yang dapat membantu menghilangkan infeksi yang ada.

2. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memberikan tonik harian yang sangat berguna untuk membantu mengurangi efek tinnitus. Sebuah agen antijamur dan anti-inflamasi alami, cuka sari apel juga bekerja untuk membuat tubuh Anda menjadi alkali dan membantu menyeimbangkan kembali tingkat internal Anda. Sekali lagi, obat ini cukup membantu untuk menghilangkan infeksi atau jamur yang mungkin menyebabkan tinitus Anda.

3. Asam alfa lipoat

Asam alfa lipoat memberi penderita tinnitus suplemen praktis lainnya yang dapat membantu meminimalkan efek dari kondisi ini. Berfungsi sebagai antioksidan, bahan kimia seperti vitamin ini dikenal dapat membantu mengobati kerusakan sel dan mengembalikan kadar vitamin alami dalam tubuh Anda. Asam alfa lipoat juga telah dikenal untuk membantu meningkatkan fungsi dan konduksi neuron, yang mungkin menjadi faktor penyebabnya.

4. Daun Basil

Inilah obat alami lain untuk mengobati tinnitus. Kemangi suci diketahui mengandung berbagai sifat antibakteri dan dapat digunakan untuk membantu membunuh bakteri yang mungkin berkontribusi terhadap masalah tersebut. Selain itu, kemangi juga dapat digunakan sebagai cara untuk meredakan sakit telinga yang lebih parah. Ini tidak akan menyelesaikan masalah, tetapi akan membuatnya lebih mudah untuk dikelola.

5. Bawang merah dan bawang putih

Meskipun mereka mungkin tidak membuat napas Anda berbau harum pada kencan yang panas, bawang merah dan bawang putih telah digunakan di masa lalu untuk meredakan penderita tinnitus. Bawang mengandung sifat obat dan antibakteri untuk membantu melawan infeksi, sementara bawang putih dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan sirkulasi darah, yang sangat berguna untuk tinnitus yang disebabkan oleh ketinggian.

6. Larutan garam

Inilah cara bagus lainnya untuk mengobati tinnitus secara alami. Larutan garam dapat membantu membersihkan saluran hidung yang tersumbat dan mengurangi tekanan yang disebabkan oleh cairan berlebihan yang menumpuk di sinus Anda. Obat sederhana ini adalah cara yang bagus untuk memberikan bantuan yang efektif dari bentuk-bentuk tinnitus tertentu.

Jadi begitulah, enam cara praktis untuk membantu menghidupkan kembali diri Anda dari efek tinnitus. Pada akhirnya kami akan merekomendasikan Anda untuk pergi ke dokter dan mendapatkan diagnosis yang tepat jika Anda menderita tinnitus, tetapi setidaknya berguna untuk mengetahui bahwa pengobatan alami ini ada.