Mengurangi Frekuensi Telinga Berdenging

Telinga berdenging atau tinnitus adalah kondisi dimana seseorang mendengar suara berdenging tanpa ada sumber suara yang mungkin menyebabkan timbulnya dengingan tersebut. Suara-suara yang didengar oleh penderita tinnitus seringkali berupa suara dering dengan nada tinggi atau berdengung di telinga, namun beberapa penderita ada juga yang mendengar suara yang lebih rendah seperti suatu suara dngan latar belakang gemuruh. Beberapa bahkan melaporkan mendengar sensasi seperti sebuah percakapan yang hampir tidak terdengar yang juga tidak dapat dibuat. Apapun bentuknya, biasanya suara-suara ini sangat tidak nyaman didengar dan mengganggu aktivitas orang yang mengalaminya.


Mengurangi Tinnitus
Sayangnya tidak banyak pilihan pengobatan yang bisa membantu mengatasi atau menyembuhkan tinnitus. Banyak dokter telah mengamati bahwa tinitus akan sembuh sendiri, tetapi jika tidak melakukan pengobatan terhadap tinnitusnya dalam waktu dua tahun, tinnitus akan menjadi permanen.
Penting untuk terlebih dahulu mengetahui apa maksud dari mengurangi tinnitus. Mengurangi disini dimaksudkan untuk menghilangkan secara lengkap atau sebagian dari sejumlah tanda serta gejala penyakit yang merupakan sebuah respon dari suatu pengobatan.
Pilihan-Pilihan Medis
Beberapa obat dapat mengurangi sementara gejala tinnitus ini. Obat-obatan Benzodiazepan seperti klonozepam dan alprazolam telah menunjukkan efek pada sekitar setengah dari pasien yang merasakan gejala tinnitus. Masalahnya, obat ini memiliki efek kuat pada sistem saraf. Sebenarnya, obat ini adalah obat anti kecemasan yang digunakan untuk mengobati gangguan dan kondisi mood yang serius. Obat-obatan ini juga berpotensi menjadi adiktif, dimana makna adiktif disini adalah sebuah rasa yang bersifat kecanduan atau menimbulkan ketergantungan pada pemakainya.
Suara-suara Yang Mengganggu
Mengurangi frekuensi tinnitus mungkin terdengar seperti memiliki terlalu banyak harapan, ada beberapa teknik yang bisa membantu. Tinnitus adalah persepsi suara tanpa adanya sebab. Beberapa pasien merasa bahwa memberikan stimulasi sebuah suara atau musik dapat membantu. Misalnya, sebuah audiobook, white noise generator, atau podcast dapat didengarkan pada waktu tidur, dan otak akan mendengarkannya dan sementara lupa untuk menyadari adanya suara tinnitus. Hal itu mungkin bisa menjadi sebuah solusi yang bisa diterapkan pada penderita.
Dokter bisa membantu Anda mendiagnosa kondisi tinitus. Namun mengurangi frekuensi tinnitus bukanlah sesuatu yang mudah dicapai. Pemeriksaan dan diagnosis tinnitus umumnya dilakukan oleh dokter Telinga, Hidung dan Tenggorokan atau THT. Di sana dokter akan meminta Anda mendeskripsikan jenis bunyi yang Anda dengar, memeriksa riwayat kesehatan, melakukan pengukuran tingkat keparahan tinnitus dan memeriksa kondisi telinga Anda.
image : t-gone

Leave a Reply

Your email address will not be published.