Masker Tinnitus, Solusi Menyamarkan Bising Tinnitus

Suara berdenging yang didengar telinga memang sangat mengganggu, apalagi jika terdengar terus-terusan seperti yang dialami oleh penderita tinnitus. Belum adanya pengobatan yang pasti bisa menyembuhkan tinnitus membuat para peneliti terus berusaha mencari bagaimana meredakan suara berdenging tinnitus. Saat ini sudah ada alat yang bisa menutupi suara berdenging tinnitus sehingga telinga bisa mendengar suara lain dengan lebih jelas. Alat ini dinamakan masker tinnitus.

Apa Itu Masker Tinnitus?

Masker tinnitus pada dasarnya adalah alat bantu dengar elektronik yang mengeluarkan gelombang bunyi yang dirancang untuk menyamarkan bunyi bising dari tinnitus. Suara yang disamarkan ini disebut bising putih (white noise). Bagi orang-orang yang mengalami gangguan pendengaran dan juga tinnitus, masker dan alat bantu dengar bisa dirangkai menjadi satu instrument.
Masker Tinnitus, Solusi Menyamarkan Bising TinnitusCara mengetahui apakah masker tinnitus akan cocok bagi kita adalah dengan cara berdiri di samping keran air. Jika saat keran dibuka dan Anda hanya mendengar suara air mengalir dan bukan suara berdenging tinnitus. Maka bisa dipastikan masker tinnitus itu bermanfaat bagi Anda.
Alat bantu dengar jaman dulu kebanyakan menutupi telinga secara menyeluruh. Menyebabkan pemakainya seperti mendengar bunyi hampa dan bergema (bayangkan suara yang didengar saat Anda berada di dalam terowongan). Alat bantu dengar tipe ini akan meningkatkan volume suara-suara sekitar seperti suara mulut saat mengunyah bahkan di saat-saat tertentu suara denging tinnitus. Namun alat bantu dengar tipe ini kadangkala bisa menyembuhkan tinnitus bagi sebagian orang. Terutama tinnitus yang merupakan gejala dari hilangnya fungsi pendengaran. Alat ini akan memicu otak menyusun efek suara sendiri saat respon menerima suara di telinga sudah mulai berkurang.
Open hearing aids atau alat bantu dengar tipe terbuka, yang merupakan masker tinnitus akan menghantarkan suara-suara latar di sekitar kita termasuk suara tinnitus ke otak. Sehingga informasi yang diterima otak pun akan semakin banyak. Alat bantu dengar terbaru tipe terbuka ini sangat tipis dan sudah bisa menghilangkan bunyi hampa dan bergema serta membawa suara-suara eksternal masuk ke telinga.

One Comment on “Masker Tinnitus, Solusi Menyamarkan Bising Tinnitus”

  1. Pingback: OnOverseas.Com

Leave a Reply