Telinga Berdering: Cara Untuk Membuatnya Berhenti

Meskipun tinnitus atau telinga berdering tidak dapat segera diobati, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meredakan kebisingan di telinga Anda serta semua tekanan yang disebabkan oleh dering.

  • Mainkan white noise atau suara santai. Suara ambient (suara yang teratur) seperti yang ada di video di bawah ini dapat membantu menutupi dering di telinga Anda.
  • Mengalihkan perhatian Anda. Mengalihkan diri dari kebisingan dengan suara eksternal lain dapat membantu mengalihkan perhatian Anda dari dering. Dengarkan podcast atau musik yang tenang. Hindari memainkan suara-suara ini dengan volume maksimum, karena ini dapat merusak telinga Anda seperti menghadiri konser.
  • Menekan stres. Yoga dan meditasi adalah metode relaksasi yang bermanfaat. Unduh aplikasi meditasi untuk membersihkan kepala Anda dari stres atau iritasi ekstra yang disebabkan oleh dering.
Untuk Membantu Telinga Anda yang Berdering
  • Hindari apa pun yang dapat membuat tinnitus bertambah buruk, seperti suara keras atau stimulan lain seperti kafein.
  • Gunakan penyumbat telinga jika Anda tahu Anda akan terkena suara lebih keras.
  • Hindari alkohol, karena menyebabkan darah mengalir ke telinga bagian dalam Anda dan meningkatkan dering.
Berapa Lama Deringnya?

Paparan bising yang sesekali dapat menyebabkan tinnitus sementara. Dering yang disertai dengan suara yang meredam juga dapat mengindikasikan gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan. Gejala-gejala ini sering hilang dalam waktu 16 hingga 48 jam. Dalam kasus ekstrem, mungkin diperlukan satu atau dua minggu. Eksposur lebih lanjut terhadap suara yang sangat keras juga dapat memicu dering lagi.
Kadang-kadang gangguan pendengaran ini dapat berkembang menjadi tinnitus yang berlangsung lebih dari enam bulan. Ini adalah kondisi umum yang dapat menyebabkan masalah jangka panjang, tetapi jarang merupakan tanda bahwa Anda akan tuli atau memiliki masalah medis.
Jika Anda sering menjadi pengunjung konser, musisi, atau sering kali mendengar suara keras, Anda mungkin ingin mengambil langkah-langkah untuk mencegah gangguan pendengaran jangka panjang.
Kehilangan pendengaran diperkirakan akan meningkat secara dramatis dalam beberapa dekade mendatang. Pelajari lebih lanjut tentang itu.

Bagaimana Mencegah Telinga Berdering?

Penelitian menunjukkan bahwa meskipun dering menghilang, mungkin ada kerusakan jangka panjang residual.

  • Memahami suara apa yang menyebabkan kerusakan pendengaran, termasuk konser, sepeda motor, dan memutar musik pada volume paling keras.
  • Kenakan penyumbat telinga saat menghadiri konser. Beberapa tempat mungkin menjual busa.
  • Batasi jumlah alkohol yang Anda minum selama pertunjukan atau area dengan musik yang keras. Aliran darah ke telinga Anda dapat meningkatkan bunyi dering.
  • Tes pendengaran Anda jika Anda merasa mengalami gangguan pendengaran.
  • Belanja penyumbat telinga.
Haruskah Pergi ke Dokter?

Meskipun tidak ada obat untuk telinga berdering (tinnitus), masih ada penelitian untuk kondisi ini. Para profesional medis juga siap membantu Anda menangani masalah stres jangka panjang yang mungkin timbul karena berurusan dengan tinnitus. Buat janji dengan dokter Anda jika dering itu berlangsung lebih dari seminggu. Kunjungi dokter sesegera mungkin jika dering di telinga Anda menyertai gangguan pendengaran atau pusing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.