Cara Mengatasi Tinnitus atau Telinga Berdenging

Jika Anda mencari cara mengatasi tinnitus atau telinga berdenging, mungkin Anda akan menemukan beberapa saran pada artikel berikut. Dengan mengikuti panduan ini, Anda bisa memulai untuk menangani telinga berdenging Anda dan mengurangi akibat emosionalnya.

5 Cara Mengatasi Tinnitus Anda

Belajar untukĀ  lebih santai

Umumnya, perasaan khawatir mengenai telinga berdenging akan selalu terjadi, sehingga menyebabkan tensi atau tekanan darah memburuk. Ada banyak olahraga relaksasi sederhana yang bisa Anda pelajari dari buku, CD, atau dari kelas-kelas khusus. Referensi tersebut akan membantu membuat tubuh dan pikiran Anda menjadi lebih santai. Pada beberapa orang, penggunaan aromaterapi, pemijatan, meningkatkan postur tubuh, refleksiologi, terapi craniofacial, yoga, dan tai chi juga bisa menjadi alternatif. Hal-hal berikut ini bermanfaat untuk belajar lebih santai dalam menjalani hidup di tengah bayang-bayang telinga berdenging. Kegiatan ini memiliki manfaat relaksasi yang sama. Anda juga bisa mendapatkan relaksasi penuh dengan beristirahat yang cukup. Dengan suasana sekitar yang santai, dilengkapi dengan aromaterapi, lilin, dan musik yang lembut.

Menghindari kesunyian

Mangatasi Telinga Berdenging yang MenggangguDengan meningkatkan suasana pendengaran sekitar menjadi lebih ramai atau gaduh akan membantu mengurangi fokus suara dering yang ada di telinga Anda. Suara gaduh ini meliputi suara TV, radio, kipas angin, atau suara musik. Alternatif lain adalah dengan menggunakan generator suara yang bisa memainkan suara musik dengan keras. Hal ini akan membuat otak Anda fokus mendengarkan suara musik. Sehingga kemudian Anda akan mengabaikan suara berdenging yang Anda dengar. Bahkan untuk tidurpun usahakan ada bunyi-bunyian, sehingga akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Hindari penggunaan earplugs

Jika Anda menderita telinga berdenging, jangan pernah menggunakan earplugs. Hal ini akan membuat Anda kesulitan untuk mendengar. Kecuali ketika Anda sedang terpapar suara yang sangat keras di sekitar. Earplug tidak akan membantu menyembuhkan telinga berdenging Anda. Earplug justru hanya akan membuat suara di sekitar menjadi lebih keras.

Tetaplah aktif dalam beraktivitas

Aktif beraktivitas dan tetap melakukan hal-hal yang menarik akan meningkatkan kualitas hidup Anda. Dengan begitu fokus Anda akan teralihkan dari telinga berdenging.

Menjaga kesehatan

Menjaga kesehatan merupakan hal yang sangat penting. Pastikan kesehatan Anda selalu terpantau. Konsumsilah makanan atau minuman yang menyehatkan. Tetap jalani aktivitas seperti biasa agar tidak memperburuk kondisi telinga berdenging Anda. Jika Anda mengalami telinga berdenging, pertimbangkan terlebih dahulu jika ingin mencari pengobatan alternatif yang lain. Beberapa alternatif justru terbukti semakin memperburuk kualitas hidup serta meningkatkan frekuensi telinga berdenging Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.