Cara Mengatasi Telinga Berdering

Telinga berdering atau tinnitus disebabkan oleh kerusakan yang terdapat pada sel-sel auditori pada telinga bagian dalam. Kondisi ini membuat otak menghasilkan suara-suara di dalam telinga. Tekanan secara terus menerus dari musik atau suara yang keras dari luar menjadi penyebab utama dari tinnitus. Sehingga menyebabkan gangguan pendengaran, masalah peredaran darah, dan masalah pada telinga bagian tengah.
Tinnitus sering diiringi oleh kepekaan suara yang sangat kuat, disebut dengan hyperacusis. Satu dari 50 juta orang Amerika mengalami tinnitus. Sekitar 12 juta orang mencari pengobatan tinnitus untuk membantu kondisinya itu. Terkadang tinnitus dapat hilang dengan sendirinya. Namun pengobatan tetap harus dilakukan untuk membantu mengatasi deringan yang menetap di dalam telinga mereka dan mencegah agar tidak memburuk. Berikut adalah saran dokter untuk para penderita tinnitus :

Cara Mengatasi Telinga Berdering

Cara Mengatasi Telinga Berdenging

Menghindari suara-suara yang terlalu keras

Suara gergaji mesin, suara motor, dan suara musik rock adalah sebagian faktor yang membahayakan sel auditori dan membuat tinnitus semakin buruk.

Cara Mengatasi Telinga BerderingGunakan Earplug

Ketika Anda terpaksa harus mendengar sebuah suara yang keras maka sebaiknya gunakanlah earplug. Earplug ini akan membuat Anda bisa mendengarkan musik atau suara dengan jelas. Earplug biasanya tersedia di klinik audiologi atau di toko khusus yang menjual alat bantu dengar.

Kenakan alat penutup telinga

Gunakan alat penutup telinga ketika sedang berada di luar. Seperti saat sedang menghadiri konser rock atau konser musik lain dan saat mendengar suara gergaji mesin.

Hindari suara gaduh

Suara gaduh atau bising akan mengaktifkan otot-otot yang ada di telinga bagian tengah, Hal ini akan mempengaruhi tulang-tulang kecil serta mencegah gelombang suara yang didapatkan. Ini akan membantu melindungi telinga Anda dari tekanan yang panjang dari suara yang keras.

Istirahatkan telinga Anda

Sekitar 90% penderita tinnitus akan mengalami gangguan pendengaran juga. Sebuah alat bantu dengar biasanya dapat membantu kedua masalah tersebut. Salah satu manfaat yang mungkin dari penggunaan alat bantu dengar adalah untuk menutupi tinnitus yang Anda derita selama beberapa jam setelah Anda mematikan alat bantu dengar Anda (disebut dengan residual inhibition).

Kurangi konsumsi garam

Tinnitus terkadang disebabkan oleh penyakit Meniere, sebuah kondisi yang menghasilkan cairan telinga yang cukup banyak. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran, pusing, telinga terasa penuh, dan tinnitus. Orang-orang dengan kondisi ini seharusnya membatasi pengonsumsian sodium sejumlah 2.000 miligram dengan meminimalisir garam, contohnya, dan membeli sup yang rendah sodium, rempah-rempah, dan makanan kemasan lainnya.

One Comment on “Cara Mengatasi Telinga Berdering”

  1. Pingback: OnOverseas.Com

Leave a Reply