Benarkah Ear Candle Dapat Membantu Menyembuhkan Tinnitus?

Melihat fakta bahwa sampai saat ini belum ada obat untuk tinnitus, banyak orang mulai mencoba berbagai cara dan berharap tinnitus yang diderita dapat berkurang atau bahkan sembuh. Memang, mengalami tinnitus memberikan perasaan yang tidak nyaman terutama dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Suara konstan tersebut dapat menyebabkan banyak masalah termasuk masalah psikologis, masalah saat bekerja, kesulitan tidur, kesulitan berinteraksi sosial, dll. Oleh sebab itu tidak heran jika orang-orang mencoba banyak perawatan, salah satunya adalah ear candle yang sampai saat ini belum diketahui hasilnya secara pasti.
Apakah Itu Ear Candling?
Ear candling atau juga dikenal dengan ear coning adalah perawatan yang menggunakan peralatan seperti lilin yang berongga setelah diberi cahaya kemudian dimasukkan ke dalam telinga. Walaupun metode ini terdengar aneh sekaligus cukup berbahaya, banyak orang yang telah mencoba metode ini mengklaim bahwa ear candle tidak hanya dapat membantu meringankan tinnitus tetapi juga efektif untuk mengurangi penyumbatan sinus, sakit kepala, telinga gatal, infeksi, dll.  Lilin berongga, kerucut atau tabung yang digunakan pada perawatan ini biasanya terbuat dari bahan seperti kapas atau rami yang kemudian disemprot dengan madu dan berbagai bahan herbal.
Ketika lilin tersebut dinyalakan dan dimasukkan ke dalam telinga, hal ini akan menciptakan ruang hampa yang dipercaya dapat mengeluarkan kotoran berlebih dan penyakit karena kotoran telinga seperti candida, mikroba, jamur, dll. Earwax yang dikeluarkan tersebut dapat menjadi salah satu penyebab tinnitus. Jadi ketika kotoran tersebut dikeluarkan, maka tinnitus yang dialami akan hilang dan pendengaran Anda kembali normal. Infeksi telinga juga menjadi salah satu penyebab tinnitus dan ada pula penyebab lainnya yang tidak diketahui. Jadi walaupun ear candle dikatakan efektif, cara ini belum tentu efektif untuk semua kasus tinnitus.
Pada ear candling, lilin akan dibakar selama sekitar 10 menit untuk setiap telinga dan kemudian dilanjutkan dengan pijat relaksasi di wajah, telinga, leher, dan kulit kepala. Langkah tersebut dilakukan dalam proses ini untuk memastikan bahwa orang yang menjalani metode ini dapat merasa benar-benar rileks sehingga proses ear candling ini memberikan manfaat terbaik bagi mereka.
Perlukah Menggunakan Ear Candling Untuk Menyembuhkan Tinnitus?
Hal ini tentu kembali pada keputusan Anda masing -masing karena sampai saat ini belum ada penelitian yang mendukung apakah metode tersebut efektif atau tidak. Berbagai klaim positif terhadap metode ini biasanya hanya berupa pendapat beberapa orang yang pernah melakukan ear candling saja.
Sementara dalam beberapa hal, ear candle termasuk metode yang berbahaya. Selain itu, jika tinnitus disebabkan karena kotoran telinga atau infeksi telinga, masih ada banyak cara alami lainnya yang dapat dilakukan untuk memberikan hasil yang efektif.
Apakah ear candling dapat benar-benar mengeluarkan kotoran, candida, jamur, bakteri, dan lainnya sampai saat ini masih menjadi perdebatan. Beberapa studi menunjukkan bahwa residu yang terdapat pada ear candle hanya merupakan lilin dan jelaga, bukan kotoran telinga.
image : wikihow

Leave a Reply