Bagaimana Cara Mengatasi Tinnitus

Apakah Anda pernah merasakan bunyi berdenging yang terus menerus di telinga? Ada kemungkinan Anda mengalami tinnitus. Tinnitus diartikan sebagai persepsi suara bising atau berdenging pada telinga. Kebanyakan kasus tinnitus sayangnya sulit untuk diobati. Bahkan, terkadang tinnitus yang sudah berat tidak dapat diobati sehingga bersifat permanen. Untuk mengatasi telinga berdenging, Anda bisa mencoba cara berikut ini.

Cara mengatasi tinnitus

 

Pelajari seluk-beluk tinnitus

Mempelajari lebih dalam mengenai tinnitus bisa membantu Anda mengatasi telinga berdenging dengan baik. Langkah awalnya yaitu dengan periksa ke dokter. Setelah itu, konsultasikan cara terbaik untuk mengatasi gejala tinnitus. Anda juga bisa bergabung dengan komunitas penderita tinnitus agar bisa saling berbagi pengalaman dan Bagaimana Cara Mengatasi Tinnitustips menjalani hidup dengan gangguan pendengaran ini.

Menggunakan alat bantu dengar

Menggunakan alat bantu dengar khusus bisa membantu menumpulkan suara yang tidak diinginkan dan dapat membantu mengurangi tinnitus. Alat yang ditujukan bagi penderita tinnitus ini dikenal dengan istilah masking hearing aid. Namun, selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum menentukan jenis alat bantu dengar yang paling sesuai untuk kondisi Anda.

Hindari suara yang sangat keras

Paparan terhadap suara yang terlalu keras bisa menyebabkan hilangnya pendengaran (tuli) dan masalah telinga lain. Suara yang keras termasuk suara mesin berat atau alat konstruksi, suara tembakan, kecelakaan mobil, atau konser yang keras dapat memicu terjadinya tinnitus akut. Namun, hal ini dapat hilang dalam beberapa hari. Suara yang kurang dari 75 dB (meskipun setelah paparan lama) tidak menyebabkan masalah telinga atau tinnitus. Namun suara lebih dari 85 dB dapat menyebabkan hilangnya pendengaran dan masalah telinga lainnya.
Karena itu, tetap atur volume pada saat mendengarkan musik atau menelepon, jangan sampai terlalu keras atau terlalu lama. Apalagi jika Anda menggunakan earphone atau headphone.

Jangan gunakan cotton bud untuk membersihkan telinga

Bagaimana Cara Mengatasi TinnitusUntuk mengatasi telinga berdenging, banyak orang menggunakan cotton bud karena berpikir ada kotoran yang menyumbat telinga. Padahal, cotton bud justru berisiko menyebabkan terjadinya sumbatan pada telinga, infeksi telinga, dan kerusakan telinga.
Kotoran telinga berfungsi melindungi liang telinga dengan menangkap kotoran dan bakteri. Menggunakan cotton bud hanya akan mendorong kotoran tersebut masuk ke telinga lebih dalam.
Untuk mencegah kerusakan pada telinga dalam, jangan masukkan apapun ke dalam liang telinga. Hal ini tidak akan membantu mengatasi telinga berdenging. Lebih baik segera periksakan ke dokter dan minta dokter untuk membersihkan telinga Anda.

Bagaimana Cara Mengatasi TinnitusHindari penggunaan obat-obatan atau alkohol

Penelitian menemukan bahwa beberapa obat dapat membuat gejala tinnitus semakin parah. Misalnya obat pereda nyeri. Selain itu, merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol juga dapat memperparah tinnitus. Obat-obatan yang berisiko menyebabkan kerusakan telinga dan memicu tinnitus antara lain:

  • Antibiotik
  • Obat kanker
  • Diuretik
  • Quinine
  • Antidepresan
  • Aspirin dalam dosis tinggi


Cara terbaik untuk mengatasi tinnitus adalah menjalani pola hidup sehat. Misalnya dengan menjaga kesehatan, mengonsumsi makanan bernutrisi, rutin berolahraga, mengelola stres, dan istirahat yang cukup.

87 Comments on “Bagaimana Cara Mengatasi Tinnitus”

  1. Pingback: 2retailer
  2. Pingback: 3vocabulary
  3. Pingback: Anonymous
  4. Pingback: nj casino online
  5. Pingback: free vpn ios
  6. Pingback: avast vpn buy
  7. Pingback: best vpn for ios
  8. Pingback: globus free vpn
  9. Pingback: singles ads
  10. Pingback: romancemingle
  11. Pingback: best dating web
  12. Pingback: free singles
  13. Pingback: chat aveneu gay
  14. Pingback: gay chat sex
  15. Pingback: indiana gay chat
  16. Pingback: gay free chat
  17. Pingback: paper helper
  18. Pingback: buy a paper online
  19. Pingback: buy school papers
  20. Pingback: paper help

Leave a Reply