Alat Bantu Dengar Untuk Tinnitus Dan Gangguan Pendengaran

Alat Bantu Dengar Untuk Tinnitus Dan Gangguan Pendengaran

Alat bantu dengar terbaik untuk tinnitus – Meskipun tinnitus paling sering digambarkan sebagai telinga berdenging tanpa suara eksternal, kondisi ini juga dapat berupa bunyi klik, dengung, menderu, mendesis, bersiul, atau suara serupa. Bunyinya bisa keras atau samar, di kedua telinga atau hanya satu, atau terdengar seperti berasal dari dalam kepala Anda. Tinnitus umum terjadi dan dapat berkisar dari gangguan ringan hingga kondisi yang sangat memengaruhi kualitas hidup Anda.

Ada beberapa pilihan untuk mengatasi tinnitus, salah satunya adalah alat bantu dengar. 90% penderita tinnitus juga mengalami gangguan pendengaran. Dan alat bantu dengar untuk tinnitus menawarkan beberapa manfaat.

Apa itu Tinnitus?

Tinnitus adalah gejala medis yang memengaruhi sistem pendengaran, terdiri dari telinga dan bagian otak tertentu. Gejala utamanya adalah suara di telinga padahal sebenarnya tidak ada suara. Bunyi ini dapat muncul dalam banyak cara, tetapi paling sering menyerupai dering. Tinnitus bukanlah penyakit tetapi dapat disebabkan oleh banyak kondisi potensial yang berbeda.

Di Australia, sekitar dua dari setiap tiga orang menderita tinnitus, dan satu dari lima menderita tinnitus yang sangat memengaruhi kualitas hidup mereka. Meskipun tidak dapat disembuhkan, ada pilihan cara mengatasi tinnitus agar gejalanya dapat dikurangi dan dikelola.

Apa Penyebab Tinnitus?

Stres dan penuaan dapat memperparah tinnitus dan memperburuk kondisinya, tetapi tinnitus memiliki banyak penyebab, termasuk:

gangguan pendengaran

Tinnitus sering berjalan seiring dengan hilangnya pendengaran. Gangguan pendengaran, terutama yang disebabkan oleh paparan berulang terhadap suara keras, adalah penyebab tinnitus yang paling umum. Suara keras dapat merusak bulu-bulu halus di telinga bagian dalam (koklea) yang menangkap gelombang suara dan mengirimkannya sebagai sinyal listrik ke otak Anda. Inilah sebabnya mengapa tinnitus biasa terjadi di antara, tetapi tidak eksklusif untuk, musisi dan penggemar musik live.

Setelah rambut ini rusak, mereka dapat secara spontan mengirimkan impuls listrik ke otak Anda tanpa rangsangan eksternal, yang terekam sebagai dering atau suara lainnya.

Infeksi/penyumbatan telinga

Jika telinga Anda tersumbat oleh kotoran atau cairan dari infeksi telinga, sering kali timbul tinnitus.

Cedera kepala atau leher

Trauma pada kepala atau leher dapat memengaruhi telinga bagian dalam atau saraf pendengaran, menyebabkan suara berdenging biasanya hanya pada satu telinga.

Obat-obatan

Ada lebih dari 200 obat yang dapat menyebabkan tinnitus, termasuk antidepresan, perawatan kanker, dan bahkan obat penghilang rasa sakit. Namun, Anda tidak boleh berhenti menggunakan obat Anda tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda.

penyakit Meniere

Penyakit Meniere adalah kelainan yang disebabkan oleh penumpukan cairan di telinga bagian dalam, yang menyebabkan gangguan pendengaran, tinnitus, vertigo, dan masalah keseimbangan.

Disfungsi tuba eustachius

Saluran yang mengalir di antara telinga tengah dan tenggorokan Anda adalah tabung Eustachius Anda. Mereka bertanggung jawab untuk mengeluarkan cairan dari telinga tengah. Namun ketika tersumbat, hal itu dapat menyebabkan berbagai masalah, termasuk tinnitus.

Apa saja gejala tinnitus?

Tinnitus biasanya digambarkan sebagai telinga berdenging, tetapi suaranya bisa bermacam-macam, dari dengungan rendah hingga jeritan bernada tinggi.

Gejala tinnitus mungkin konstan, atau mungkin datang dan pergi. Dalam beberapa kasus, tinnitus mungkin tampak berdenyut secara ritmis seiring waktu dengan jantung Anda. Inilah yang disebut tinnitus berdenyut.

Bagaimana tinnitus didiagnosis?

Tinnitus perlu didiagnosis oleh ahli audiologi dan spesialis tinnitus yang berkualifikasi. Audiolog akan memberikan tes pendengaran yang komprehensif dan penilaian tinnitus.

Setelah audiolog Anda mendapatkan hasil penilaian Anda, mereka akan duduk bersama Anda dan mendiskusikan apa yang menyebabkan kondisi tersebut dan bagaimana cara mengatasi tinnitus dengan paling efektif.

Perawatan untuk Tinnitus

Tidak semua kasus sama, dan cara mengatasi tinnitus bisa berbeda-beda pada setiap orang. Beberapa metode cara mengatasi tinnitus yang paling umum termasuk:

1. Penghapusan kotoran telinga

Ketika tinnitus Anda disebabkan oleh kotoran telinga yang menyumbat saluran telinga Anda, menghilangkan kotoran tersebut akan menghentikan kebisingan sekaligus memungkinkan Anda untuk mendengar sedikit lebih jelas.

2. Mengubah obat Anda

Jika obat Anda menyebabkan gejala tinnitus Anda, ada baiknya berbicara dengan dokter Anda tentang beralih ke jenis lain yang masih menangani masalah kesehatan Anda tanpa menyebabkan dering.

3. Alat bantu Dengar

Pilihan pengobatan yang efektif adalah alat bantu dengar untuk tinnitus, mengurangi gangguan pendengaran dan membantu Anda mengatur suara dering dengan beberapa cara:

  • Meningkatkan pendengaran secara umum: Dengan meningkatkan pendengaran Anda secara keseluruhan, alat bantu dengar membantu telinga Anda menangkap suara yang mungkin tidak dapat Anda dengar dengan jelas untuk sementara waktu. Ini menghentikan dering agar tidak terlalu menonjol dan memberi Anda kesempatan untuk fokus pada variasi suara yang lebih luas.
  • Menyamarkan suara tinnitus: Beberapa alat bantu dengar dan aplikasi alat bantu dengar memasukkan derau putih atau suara menenangkan ke telinga, menutupi derau tinnitus dan membuatnya kurang terlihat.
  • Habituasi: Saat alat bantu dengar Anda memungkinkan suara lain masuk, proses yang disebut pembiasaan terjadi di mana otak Anda mulai mengurangi persepsinya terhadap dering. Membiarkan lebih banyak suara eksternal masuk ke telinga akan mengaktifkan sistem saraf pendengaran, yang berarti bahwa pada akhirnya, suara tinnitus tidak terekam dengan cara yang begitu signifikan dan mengganggu.
Alat bantu dengar terbaik untuk gangguan pendengaran/tinnitus

Jika Anda didiagnosis menderita tinnitus, ahli audiologi dapat menilai alat bantu dengar mana yang terbaik untuk tinnitus Anda. Ada beberapa hal yang perlu diingat. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih alat bantu dengar meliputi:

  • Terapi suara: Banyak alat bantu dengar terbaik untuk tinnitus termasuk terapi suara dan suara eksternal yang menutupi suara tinnitus. Ini dapat terdiri dari derau putih, derau sekitar, musik dengan volume rendah, atau suara khusus.
  • Program manajemen tinnitus: Beberapa alat bantu dengar menggunakan program manajemen untuk kebisingan tinnitus.
  • Masa pakai baterai: Jika Anda menggunakan terapi suara atau program manajemen tinnitus, Anda tidak ingin alat bantu dengar Anda kehabisan daya baterai secara tidak nyaman. Memilih alat bantu dengar dengan daya tahan baterai yang cukup adalah penting.
  • Kompatibilitas ponsel cerdas: Jika Anda menggunakan aplikasi untuk terapi suara, pastikan alat bantu dengar Anda berfungsi bersama dengan ponsel cerdas Anda.
  • Reputasi merek: Itu selalu lebih baik untuk menempatkan pendengaran Anda di tangan merek berkualitas tinggi.

 

Source:

What Are The Best Hearing Aids for Tinnitus?