Stres dan Telinga Berdenging

Secara medis, stres dan telinga berdenging memiliki keterkaitan satu sama lain. Stres adalah cara tubuh Anda merespons semua jenis tuntutan fisik atau emosional. Sedikit stres bisa menjadi hal yang baik  terutama jika Anda berada dalam situasi yang berbahaya. Namun terlalu banyak stres dapat menimbulkan dampak buruk pada kesehatan termasuk pendengaran Anda.

Stres dan Telinga Berdenging Menurut Para Profesional Medis

  • 43% dari semua orang dewasa menderita efek kesehatan yang merugikan akibat stres
  • 75 – 90% dari semua kunjungan dokter adalah untuk mengatasi stres
  • Stres dapat dikaitkan dengan masalah kesehatan. Misalnya seperti sakit kepala, tekanan darah tinggi, masalah jantung, diabetes, kondisi kulit, asma, artritis, depresi dan kecemasan.

Stres dan Telinga BerdengingMereka yang mengalami stres di tempat kerja juga mengeluhkan telinga berdenging dan gangguan pendengaran. Hal ini terjadi baik pada pria maupun wanita. Mereka mengatakan bahwa gangguan pendengaran yang mereka alami lebih buruk ketika sedang dalam kondisi stres.

Stres dan Pendengaran Anda

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, gangguan pendengaran mendadak menjadi salah satu hal yang paling umum terjadi di dunia. Meskipun banyak jenis gangguan pendengaran tidak dapat dicegah, mengurangi tingkat stres dalam hidup Anda dapat bermanfaat bagi kesehatan pendengaran Anda.
American Heart Association menyarankan empat teknik sederhana untuk mengelola stres:
Stres dan Telinga BerdengingBicara sendiri
Anda dapat berbicara kepada diri Anda sendiri sepanjang hari. Pastikan apa yang Anda katakan itu positif karena bisa membantu menenangkan Anda dan mengendalikan stres.
Hentikan stres dalam keadaan darurat
Saat Anda mengalami stres, temukan cara yang sehat dan konstruktif untuk mengatasi stres Anda di tempat. Hitung sampai sepuluh. Ambil beberapa napas dalam-dalam. Berjalanlah dari situasi untuk sementara waktu.
Temukan kesenangan
Cobalah untuk melakukan setidaknya satu hal setiap hari yang memberi Anda kesenangan, meski hanya membutuhkan waktu 15 menit. Membaca buku, minum kopi dengan teman atau cobalah berbagai kegiatan yang baru.
Relaksasi
Pelajari dan praktekkan keterampilan relaksasi seperti yoga, tai chi atau meditasi.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah stres mempengaruhi pendengaran Anda dan menyebabkan telinga berdenging adalah dengan menemui seorang  profesional pendengaran. Pada pemeriksaan, pastikan untuk mendiskusikan dengan mereka mengenai kekhawatiran dan cara untuk mengurangi stres dalam kehidupan sehari-hari. Memperbaiki gaya hidup Anda juga dapat memperbaiki kesehatan pendengaran Anda.

One Comment on “Stres dan Telinga Berdenging”

  1. Pingback: OnOverseas.Com

Leave a Reply