Sering Mengalami Telinga Berdengung, Apakah Itu Gejala Tinnitus?

Apakah Anda sering mengalami telinga berdengung? Bila Anda pernah mengalami kondisi ini, maka jangan anggap sepele hal tersebut. Bisa jadi telinga berdengung itu adalah tinnitus. Dalam istilah medis, tinnitus adalah kondisi dimana telinga berdenging dan berdengung secara terus menerus. Lalu, apakah penyebab dari tinnitus ini?
 

Paparan Suara Keras

Tinnitus adalah dengungan yang terjadi di telinga. Banyak orang yang kurang tahu apa sajakah penyebab dari tinnitus ini. Sebenarnya ada banyak hal yang menyebabkan tinnitus ini. Penyebab yang paling umum adalah dikarenakan paparan suara keras. Ada banyak sekali orang yang senang mendengarkan musik terlalu keras melalui iPod ataupun speaker. Kebiasaan ini pastinya kurang bagus untuk kesehatan telinga Anda. Mendengarkan musik terlalu keras bisa berdampak pada ujung saraf di telinga. Ujung saraf tersebut akan semakin rusak apabila terkena paparan suara keras setiap saat. Suara keras bukan hanya dihasilkan oleh musik saja tetapi beberapa peralatan elektronik lainnya seperti mesin pabrik, pemotong rumput, dan lain-lain yang didengarkan setiap hari. Anda harus lebih waspada bila bekerja dengan peralatan yang berisik. Pastikan telinga Anda diberi peredam suara agar tidak terlalu memampar saraf telinga.
 

Usia Tua

Selain faktor eksternal, faktor dari diri sendiri juga bisa menjadi penyebab munculnya tinnitus. Bagi Anda yang sudah tua, Anda harus lebih berhati-hati akan serangan tinnitus. Ujung saraf telinga pada usia tua akan lebih cenderung mudah rusak. Tentu saja, hal ini akan menyebabkan tinnitus. Tinnitus pada usia tua akan lebih jauh mengganggu aktivitas daripada usia produktif. Para lansia akan mudah marah, stress, dan kehilangan fungsi pendengaran. Tak ada salahnya bagi Anda untuk selalu memeriksakan kondisi telinga di saat usia senja untuk menghindari gangguan tinnitus ini.
 

Penggunaan Obat-Obatan

Bila Anda sering sekali sakit kepala, Anda harus berhati-hati. Anda mempunyai faktor resiko terkena tinnitus. Mengkonsumsi obat-obatan seperti aspirin bisa menyebabkan dengungan pada telinga. Hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian bahwa permasalahan di telinga seringkali disebabkan oleh konsumsi aspirin yang berkepanjangan. Selain aspirin, Anda juga harus mengecek obat-obatan yang dikonsumsi apakah menyebabkan tinnitus atau tidak. Tidak semua obat-obatan bisa mengakibatan tinnitus. Jadi, Anda harus selektif.
 

Infeksi Telinga

Selain beberapa penyebab diatas, tinnitus juga bisa diakibatkan oleh infeksi pada telinga. Infeksi ini bisa disebabkan oleh kotoran pada telinga. Oleh karena itu, Anda harus menjaga kebersihan telinga agar tidak mengakibatkan infeksi parah pada telinga. Selain infeksi telinga, trauma telinga, cedera kepala, dan problem telinga juga berpengaruh terhadap munculnya tinnitus. Sebelum masalah telinga bagian dalam menjadi parah, ada baiknya Anda melakukan pengobatan alami dan tradisional terlebih dahulu. Itulah tadi beberapa penyebab tinnitus yang perlu diketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published.