Mendengar Suara Bising dari Dalam Kepala? Mungkin Anda Mengidap Tinnitus

Salah satu teman saya sering mengalami telinga yang berdering saat malam hari, akibatnya ia sering kesulitan untuk tidur dan beristirahat. Kondisi tubuh yang kurang tidur sudah tidak baik untuk kesehatan tubuh, apalagi bila suara-suara mengganggu yang berasal dari kepala terus membuat diri Anda terjaga semalaman. Teman saya tersebut mengira bahwa suara bising di dalam telinga tersebut disebabkan oleh suara musik rock yang ia tonton di berbagai acara konser saat ia masih muda. Mungkin saja dia benar.

Para ahli kesehatan juga tidak tahu dengan pasti apa yang menyebabkan masalah kesehatan semacam ini. Kasus semacam ini disebut Tinnitus; seringnya mendengar suara-suara yang keras dan berisik ditengarai menjadi penyebab dari masalah ini. Selain itu, hal lain yang sering menjadi penyebab adalah adanya kerusakan pada sel-sel di dalam telinga. Sementara itu, beberapa penyebab lainnya adalah adanya masalah pada peredaran darah, penyakit jantung dan berbagai penyakit lainnya, cedera pada kepala dan leher, kotoran telinga yang menumpuk, dan juga beberapa jenis pengobatan tertentu.

Mereka yang mengalami Tinnitus tidak selalu mendengar suara deringan di dalam telinga. Suara yang mereka dengar bisa berupa suara mencicit, mendengung, mendesah, atau berbagai suara mengganggu lainnya. Suara-suara tersebut benar-benar merupakan ilusi si penderita karena tidak ada seorang lain pun yang bisa mendengarnya. Suara tersebut kadang terdengar konstan atau bisa juga terjadi sebentar-sebentar. Bagaimanapun itu, tentunya tidak pernah terdengar menyenangkan bagi orang yang mengalaminya.

Tinnitus merupakan masalah yang cukup kerap terjadi. Tidak ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit ini selain beberapa strategi untuk menyembuhkannya dalam jangka pendek atau jangka panjang.

Penyembuhan Jangka Pendek, antara lain:

  1. Mengurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh.
    Kafein dapat meningkatkan tekanan darah yang bisa membuat suara-suara hearing-aidtersebut terdengar lebih keras.
  2. Penggunaan Masker khusus yang memiliki fungsi sama dengan alat bantu dengar. Masker tersebut akan menciptakan suara yang lebih lembut sehingga suara Tinnitus tidak terlalu terdengar.
  3. Menggunakan alat bantu dengar bagi mereka yang mengalami masalah pendengaran dan juga Tinnitus. Alat bantu dengar akan meningkatkan suara dari luar sehingga menguragi suara ilusi yang ada di dalam.
  4. Mengkonsumsi produk yang bisa membantu membersihkan tumpukan kotoran telinga.

Penyembuhan Jangka Panjang

Penyembuhan ini dapat dilakukan dengan melindungi telinga dari suara bising, karena kebisingan bisa memperparah gejala Tinnitus. Mereka yang mengalami Tinnitus dan stres yang berlebihan harus mengatasi rasa stres tersebut melalui konseling atau cara lainnya. Mereka yang mengalami depresi dan juga Tinnitus sebaiknya menjalani pengobatan. Selain itu, apabila Tinnitus yang dialami merupakan gejala penyakit lainnya, pengobatan yang tepat untuk penyakit tersebut mungkin akan sangat membantu.

One Comment on “Mendengar Suara Bising dari Dalam Kepala? Mungkin Anda Mengidap Tinnitus”

  1. I’m really enjoying the theme/design of your site.

    Do you ever run into any browser compatibility issues? A small
    number of my blog readers have complained about my blog not operating
    correctly in Explorer but looks great in Opera.
    Do you have any suggestions to help fix this problem?

Leave a Reply

Your email address will not be published.