Dampak Tinnitus dan Telinga Berdenging

Tinnitus memerlukan biaya pribadi sosial, dan keuangan yang signifikan, baik untuk pasien perorangan maupun untuk masyarakat di tempat yang luas dimana daerah tersebut mengalami banyak gejala tinnitus. Temukan alat dan terapi yang telah terbukti yang dapat meminimalkan beban tinnitus Anda dan tingkatkan kualitas hidup Anda. Secara keseluruhan, tinnitus memiliki biaya negatif yang sangat besar, baik dari sisi dampak manusia maupun dampak ekonomi. Biaya ini dirasakan pada tingkat individu pasien dan oleh populasi dalam lingkup besar.
Tinnitus adalah kondisi beragam yang bermanifestasi dalam berbagai bentuk. Bisa akut atau kronis, tonal atau pulsatile, konstan atau tidak beraturan. Dengan demikian, dampak dan beban tinnitus relatif terhadap pengalaman pasien secara individu. Sementara sebagian besar orang menganggap tinnitus hanya sebagai gangguan ringan yang tidak membahayakan, jutaan masih berjuang dengan kasus tinnitus yang parah yang secara signifikan mengurangi kualitas hidup mereka.

Dampak Tinnitus pada Manusia

Tinnitus bisa menjadi kondisi yang melemahkan, yang secara negatif mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan sosial pasien secara keseluruhan. Bahkan kasus moderat pun bisa mengganggu kemampuan bekerja dan bersosialisasi. Orang yang mengalami tinnitus sering mengalami:
Dampak Tinnitus dan Telinga Berdenging

  1. Kesulitan.
  2. Depresi yang bisa membuat kehilangan kesehatan.
  3. Kegelisahan yang berakibat tidak adanya ketenangan hati.
  4. Sering berubah suasana hati.
  5. Gangguan tidur sehingga bisa mengakibatkan terganggunya kesehatan.
  6. Iritabilitas atau frustrasi.
  7. Konsentrasi buruk yang membuat pekerjaan kacau balau.
  8. Nyeri (terutama saat tinnitus disertai hiperacusis).

Pada tahun 2014, ATA melakukan survei keanggotaannya, untuk mengevaluasi bagaimana anggota ATA mengalami tinnitus. Lebih dari 1.100 orang menanggapi survei tersebut, memberikan perspektif bagaimana kondisi tersebut mempengaruhi kehidupan mereka. Hasil beberapa pertanyaan survei yang relevan disertakan di bawah ini.
Pada skala 1-10 (1 = rendah; 10 = tinggi) berapakah tinnitus mempengaruhi hidup Anda setiap hari? Apa yang terbaik mengajarkan bagaimana tinnitus mempengaruhi kehidupan sehari-hari Anda? Apakah Anda memiliki kondisi kesehatan terkait berikut ini?
Tentu saja, dampak manusia tinnitus melampaui pasien. Keluarga, teman, dan rekan kerja mungkin juga terpengaruh saat mereka berusaha mendukung seseorang dengan tinnitus. Suara keras dan kepekaan terhadap kebisingan bisa menyulitkan pasien tinnitus untuk bersosialisasi dan berkomunikasi secara normal dengan orang lain bahkan dengan pasangan, anak, dan teman dekat. Dengan demikian, pendukung sering memiliki perasaan mudah tersinggung, frustrasi, dan kebingungan saat mereka berjuang untuk memahami dan membantu pasien tinnitus.

Dampak Ekonomi Tinnitus

Dampak Tinnitus dan Telinga BerdengingKonsekuensi keuangan dari tinnitus adalah signifikan. Kehilangan ekonomi pribadi pada individu dengan tinnitus – termasuk pendapatan, produktivitas, dan biaya kesehatan yang hilang – bisa mencapai $ 30.000 per tahun. Biaya untuk masyarakat secara keseluruhan diperkirakan mencapai $ 26 miliar per tahun.
Beberapa perhitungan biaya tinnitus yang paling akurat berasal dari Administrasi Veteran AS. Melalui 2012, VA memberikan kompensasi cacat untuk tinnitus kepada sekitar 972.000 veteran. Biaya agregat tahunan dari pembayaran cacat ini hampir $ 1,5 miliar. Perkiraan biaya untuk mengantarkan layanan kesehatan terkait tinnitus ke pasien ini jauh lebih tinggi.
Oleh karena itu jagalah telinga sebaik mungkin karena bila sudah terkena tinnitus maka banyak dampak buruk yang dapat diakibatkannya. Gunakan volume handphone, televisi ataupun benda elektronik lainnya dengan bijak supaya tidak menyakiti telinga Anda. Periksakan segera pada dokter apabila telinga Anda mengalami masalah yang dapat mengganggu aktivitas Anda sehari – hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.